Empat Amalan Yang Diajarkan Rasulullah Ketika Bulan Ramadhan

amalan bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan memiliki keutamaan bagi Umat Muslim. Di akhir bulan Sya’ban, Rasulullah pernah berkhutbah dengan cukup panjang dalam rangka menyambut Ramadhan. Beliau Rasulullah menerangkan apa keutamaan bulan Ramadhan. Beliau memberikan wasiat- wasiat penting agar kaum muslimin meningkatkan amal- amalan shalih, selama di bulan Ramadhan.

Di dalam khutbah tersebut, Rasul menganjurkan umat Islam memperbanyak 4 amalan ini. Berikut petikan wasiat itu adalah :

واستكثروا فيه من أربع خصال: خصلتين ترضون بهما ربكم، وخصلتين لا غنى بكم عنهما، فأما الخصلتان اللتان ترضون بهما ربكم: فشهادة أن لا إله إلا الله، وتستغفرونه، وأما اللتان لا غنى بكم عنهما : فتسألون الله الجنة، وتعوذون به من النار

Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadhan. Dengan dua hal, kalian akan mendapatkan ridha dari Rabb kalian, dua hal lainnya sangat kalian butuhkan. Dua hal, yang dengannya kalian mendapatkan ridha Rabb kalian, adalah syahadat Laa ilaaha illallaah dan beristigfar kepada-Nya. Adapun dua hal yang sangat kalian butuhkan adalah kalian meminta surga dan memohon perlindungan dari neraka.” (HR. Ibnu Khuzaemah dalam Shahih nya, dan Imam al-Mundziri dalam at-Targhib wat Tarhib mengatakan, Ibnu Khuzaemah berkata, “Khabar ini shahih”)

Penjelasan hadits di atas, hal pertama kali yang harus Umat Muslim lakukan perbanyak saat Ramadhan, adalah bersyahadat. Selain mengucapkan syahadat itu sendiri, memperbanyak syahadat bermakna senantiasa menguatkan serta memperbarui keimanan kepada Allah dan Rasul- Nya.

Syahadat dalam satu kali shalat wajib ada dua kali yakni pada saat duduk tahiyyat. Jadi dengan semakin banyak kita shalat, maka semakin banyak syahadat yang kita baca, harapannya keimanan kita semakin menguat. Syahadat juga kita baca di luar shalat seperti pada pagi dan petang hari, juga setiap kali mengakhiri majlis ilmu.

Amalan kedua, memperbanyak istighfar. Manusia biasa tidak luput dari kesalahan. Rasulullah yang terjaga dari dosa saja ratusan kali beristighfar tiap hari. Apalagi di bulan Ramadhan, pintu ampunan Allah sangat terbuka lebar. Sehingga, bulan ini momentum yang tepat untuk semakin berbenah, memperbaiki kesalahan di masa lalu.

Yang ketiga dan keempat yakni meminta surga serta memohon perlindungan dari neraka merupakan do’a setiap orang beriman. Pada bulan Ramadhan, pintu langit terbuka, do’a-do’a yang dipanjatkan dengan tulus oleh seorang hamba akan sampai pada sisi Allah Subhanahu wa ta’ala sehingga akan dikabulkan.

Semoga bulan Ramadhan tahun ini menjadi batu loncatan bagi kita untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

sumber : kabarmakkah.com

1 thought on “Empat Amalan Yang Diajarkan Rasulullah Ketika Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *