Apa itu Bebas Visa Kerja Saudi Berikut Pengertian dan Resiko

bebas visa saudi

Apa itu bebas visa ke Saudi. Atau pertanyaan kenapa tidak bebas visa ke Arab Saudi. Pertanyaan tersebut perlu diluruskan dulu. Bahwa Kerajaan Saudi tidak menerapkan kebijakan bebas visa. Hanya kesempatan untuk seseorang bebasĀ  bekerja di Saudi memang ada.

Inilah yang kita sebut Visa Bebas atau Azad bukan bebas visa. Azad adalah nama diberikan ke satu ijin khusus, dimana anda bisa bekerja di Saudi tanpa batasa waktu. Legalnya pemerintah tidak mengeluarkan ijin seperti Azad visa.

Hanya melalui sistem Kafala atau sponsorship, anda bisa bekerja tanpa harus memperpanjang visa tetapi itupun terbatas. Sistem Kafala memberikan anda kebebasan untuk masuk, tinggal, menyewa apartemen, bekerja, secara bebas tanpa batas waktu.

Sistem Kafala sendiri sudah diperketat karena sering disalah gunakan. Untuk melamar pekerjaan bisa tanpa Kafala, tetapi tidak sebebas melalui Kafala karena harus memperpanjang visa.

Azad atau bebas visa, bisa berbentuk visa kerja yang diberikan pemerintah untuk perusahaan. Dibawah visa ini maka seseorang bisa bekerja untuk perusahaan. Atau bisa juga diberikan kepada individu sehingga mereka bisa mempekerjakan pembantu, supir, koki.dll.

Mengajukan Kafala

Hati- hati jika menggunakan visa dibawah sistem Kafala. Apalagi jika anda menggunakan itu untuk bekerja di Arab Saudi. Alasannya karena pemilik Kafala bisa melepaskan sponsor atas anda kapan saja. Alhasil pihak berwajib akan menahan anda karena inilah batasan.

Anda akan menjadi buronan dibawah pihak berwajib bernama Huroob. Cara perekrutan tenaga karja Saudi legal akan dimulai dari perusahaan lokal, bukan pribadi. Mereka akan mengirimkan ajuan visa ke pihak agensi untuk visa kerja.

Jika anda melihat ke pasport anda, akan ditemukan waktu valid visa minimal 3 bulan dan mengurus ijin tinggal lanjutan, atau mengajukan Kafala. Jika kamu adalah pekerja dan ingin mendapatkan Kafala, maka akan butuh waktu juga.

Anda bisa mengajukan Iqama atau ijin tinggal. Jika pihak pemberi pekerjaan puas dalam kurang dari tiga bulan Kafala akan keluar. Kafala dipegang oleh perusahaan atau individu, anda bekerja harus sesuai sponsor atau juga bisa ditransfer lewat transfer sponsor.

Sangat beresiko bekerja atau tinggal menggunakan sistem free visa atau Azad. Ada baiknya anda mengajukan visa umum seperti visa bisnis, visa kerja atau visa kunjungan. Harga dipatok untuk mendapatkan Azad atau bebas visa Saudi sangat mahal.

Pemerintah Saudi tidak mengeluarkan kebijakan bebas visa. Jika ada anda yang membeli dari individu Saudi, maka akan dinyatakan ilegal dan langsung deportasi jika tertangkap. Jika jarak kerja anda sangat jauh maka anda akan menjadi buronan.

Ambil contoh anda tinggal di Jedah tetapi sponsor di Mekkah maka akan ditangkap. Butuh waktu sampai anda mendapatkan sponsor melalui jalur umum atau Iqama. Jika anda bekerja sebagai TKI maka anda tidak bisa ditransfer untuk bekerja ke pihak lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *