Menyimpan Uang Aman Ketika Berhaji dan Umroh

isi tas paspor

Jika anda Jamaah Haji yang akan berangkat 2019 nanti. Berikut tips menyimpan uang aman ketika berhaji. Bijaklah menjadi Jamaah Haji maupun Umroh. Karena faktanya bukan Warga Negara Indonesia saja. Ada miliaran Umat Muslim menjalankan rangkain Ibadah tahunan tersebut.

Berbeda dengan Umroh yang bebas waktunya. Berhaji dilakukan serentak oleh seluruh Umat Muslim dunia. Jika anda berencana mengikuti rangkaian Ibadah Madinah dan Mekkah. Berikut tips menyimpan uang aman ketika berhaji.

Bagi Jamaah Haji yang kaya mungkin gampang. Bisa berangkat Haji kapanpun dan berbagai keadaan. Bisa mendapatkan pasawat kelas satu, Hotel bintang lima, dan ekstra waktu. Jamaah Haji akan lebih mudah nyaman berhaji tanpa beban.

Berhaji Nyaman Berikut Tipsnya

Namun bagaimana mereka yang mempunyai uang pas- pasan. Berikut tips menyimpan uang aman ketika berhaji.

1. Mulai menyimpan uang

Kecuali anda merupakan warga Saudi, maka Ibadah Haji tidaklah murah. Tidak masalah jika anda harus menyimpan uang dulu. Ikutilah program menabung Haji dari pihak travel anda. Atau anda bisa mengikuti program oleh Bank.

2. Carilah sponsor

Beberapa perusahaan memberikan sponsor Haji. Beberapa pemerintah memberikan subsidi berhaji. Ada masjid, Islamic Center, Universitas, atau organisasi kemanusiaan. Jika anda benar- benar ingin berhaji tetapi tidak memiliki uang, cobalah situs pendanaan seperti Kita Bisa dan lain- lain.

3. Mendaftar dulu

Beberapa travel memberikan kemudahan membayar. Seperti Travel APM memberikan kemudahan berupa DP Rp.1 juta. Anda sudah bisa mendapatkan kursi dan mulai menabung. Insha Allah dari uang tersebut sudah menjadi niat anda.

Tanyakan pula kemungkinan menabung di travel. Karena menabung Haji di Bank akan membutuhkan dua kali proses. Menabung Haji di travel maka akan langsung diurus. Rencanakan Haji sebagai bentuk investasi jangkan panjang bukan mendadak.

4. Carilah Travel Haji terpercaya

Dalam beberapa artikel di internet kejadian tak terduga. Beberapa Jamaah ditipu hingga tidak bisa berangkat. Bahkan ada yang tertipu dengan visa palsu keberangkatan. Pastikan travel terpercaya agar Ibadah anda berjalan.

Travel APM memberikan layanan Haji dan Umroh aman terpercaya. Dengan pengalaman panjang sejak 2016 maka kami meyakinkan anda.

5. Carilah paket Haji atau Umroh terbaik

Segera hubungi pihak travel untuk mencari paket terbaik. Organisir kebutuhan melalui saran dan tips diberikan oleh travel. Anda bisa mulai membaca- baca artikel di website Travel APM. Membayar paket premium tidak apa- apa, apabila layanan bagus, aman, dan terpercaya.

Bagi Mualaf mau berhaji maka carilah travel terpercaya. Mereka yang mampu memberikan pelayanan dan memiliki pengetahuan.

Kehilangan Uang Ketika Berhaji

Tidak sedikit Jamaah kehilangan uang ketika berhaji. Jangan mudah menganggap bahwa di Saudi tidak ada kejahatan. Penjagaan di Mekkah sangatlah ketat, tingkat kriminalitas hampir tidak ada. Tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali karena Tempat Suci.

Beberapa orang sangat jahat berbuat kriminal di Mekkah. Mereka bisa memalak, merampok, atau mencopet uang. Beberapa juga menipu pura- pura menjadi korban. Berikut tips menyimpan uang aman ketika berhaji.

  1. Bawalah uang seperlunya. Terutama ketika anda memulai prosesi Ibadah Haji. Bawalah uang cukup jika anda tidak memiliki kebutuhan kusus. Contohnya bagi mereka yang harus menyewa kursi roda. Bawalah 5- 10 real ketika di Masjidil Haram.
  2. Simpan uang pokok di koper dipisah- pisah. Untuk menyimpan uang bisa ditempat khusus. Biasanya Jamaah akan menyelipkan diantara Ihram. Resikonya adalah terjatuh jika melakukan aktifitas gerak. Untuk yang di koper maka ditinggal di kamar pondokan.
  3. Menyimpan uang di kamar pondokan paling aman. Karena pihak Maktab akan bertanggung jawab. Jika terjadi pembobolan kamar maka diganti rugi. Bawalah uang secukupnya ketika akan beribadah. Tenang karena air zam- zam di Ka’bah itu gratis diminum.
  4. Mau belanja baiknya bertahap. Janganlah langsung memborong karena prosesi masih lama. Ada sekitar 30 hari prosesi Ibadah Haji. Jika mau belanja kecil bawa uang secukupnya. Anda sendirilah yang paham kebutuhan harian anda.
  5. Ingat membawa Passport ketika melakukan kegiatan. Inilah pentingnya tas passport dibawaan anda. Biasanya pihak travel sudah memberikan ini. Jangan menyimpan uang disana, karena pencopet sudah biasa menemukan hal

1 thought on “Menyimpan Uang Aman Ketika Berhaji dan Umroh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *