Tips Agar Tidak Tersesat Ketika Haji dan Umroh

berkumpul agar tidak tersesat

Ibadah Haji dilakukan bersamaa dengan jutaan Muslim di seluruh dunia. Bayangkan betapa sesaknya Masjidil Haram terutama ketika Thawaf. Tidak sedikit jamaah Haji mengalami kejadian tidak menyenangkan.

Oleh karena itu banyak hal perlu dipersiapkan ketika akan beribadah di sana. Kehilang barang kemungkina terjadi kepada anda ketika ibadah. Mengalami stress ketika Haji tidak bisa dipungkiri. Tahapan ber Haji yang panjang membutuhkan stamina lebih.

Apalagi jika jamaah Haji memiliki fisik yang kurang mendukung. Ada baiknya anda memeriksa kesehatan jauh hari sebelum hari keberangkatan travel anda.

Banyak kemungkinan anda akan tersesat ketika beribadah di sana. Selama enam hari rangkaian ibadah Haji, mulai dari Mekkah, Mina, Arafa, dan Muzdalifa terkadang membuat bingung. Semua orang ber Haji memakai Ihram dan semua orang berkumpul dalam satu waktu.

Beberapa kali mungkin anda akan salah tempat dan kehilangan pandangan. Jangan ragu datang ke Tenda Bantuan Haji. Walaupun anda tidak bisa berbahasa Arab. jangan ragu Ketika anda tersesat di Masjidil Haram dan tidak bisa berbahasa Arab, maka pastikan anda membawa identitas diri.

Tunjukan identitas anda lengkap dengan nomor kontak perlu dihubungi nanti. Tips agar tidak tersesat ketika Ibadah Haji adalah tetap diposisi. Ikuti arahan pemandu Haji dari travel yang anda gunakan. Bertanya tentang titip berkumpul, nomor kontak, dan detail hotel.

Pelajari Kondisi Mekkah, Madinah, Arafa dan Muzdalifa

Carilah titik berkumpul

Mungkin berbeda ketika anda pergi melalui travel. Anda akan ditemani rombongan Haji bersama pemandu. Namun tidak ada salahnya mencari tau tempat- tempat umum di sana. Seperti tau dimana letak Tenda Panduan Haji jikalau ada hal tidak terduga pada diri anda.

Pastikan ada tempat khusus, atau titik kumpul ketika bersama kelompok Haji, ini akan menghindari waktu mencari- cari kelompok anda. Meskipun akan banyak dokter dan psikiter berjaga. Titik temu kelompok anda akan menjadi panduan. J

ika anda khawatir berbicara bahasa Arab, banyak doktor dan psikiter yang fasih berbahasa Inggris. Kembali lagi ketika anda tersesat saat ibadah Haji. Pilihlah titik lokasi pertemuan ketika di setiap tempat. Terutama jika anda berada di luar Mekkah. Pilihlah landmark tempat, contoh gerbang Baab Abdul Aziz.

Tentukan lokasi maka pelajarilah terlebih dahulu landmark utamanya di Mina, Arafa dan Muzdalifa. Landmark ini pasti umum diketahui tinggal dicari di Google. Jika anda ingin beribadah lebih dekat ke kubah Ka’ba atau mendekat ke makan Nabi Muhammad S.A.W, maka datanglah sangat awal.

Ingat sebelum ibadah dimulai, akan butuh waktu satu jam hingga anda mencapai titik ini. Hitung berapa awal anda butuhkan. Jangan menutup jalan ketika anda memanjatkan do’a di sana, walaupun doa anda penting.

Bahasa Inggris perlu ketika Haji

Meskipun medis bisa berbahasa Inggris. Banyaknya jamaah Haji bisa membuat kesulita diagnosa. Komunikasi antara anda dan pihak berwenang akan terganggu. Bahasa Inggris bisa menjadi percuma ketika mereka akan mendiagnosa keluhan anda.

Untuk bukan dokter atau psikiter umumnya kurang pandai Bahasa Inggris. Coba membuat kata sebelum melakukan ibadah Haji. Jabarkan keluhan kesehatan anda dalam bahasa Inggris. Tujuannya agar diagnosa bisa lebih cepat. Ini akan mengurangi rasa panik anda di sana.

Anda lah yang tau bagaimana kondisi anda keseharian. Jika kamu kuat, bantulah jamaah haji lain yang sudah tua ketika mereka kesulitan. Perlakukan orang lain seperti anda ingin diperlakukan. Jagalah kesabaran anda ketika anda beribadah Haji.

Macet akan anda temui ketika banyak jamaah Haji berkumpul. Jagalah prilaku anda ketika melakukan rangkaian ibadah Haji.

Jangan mengkususkan tempat

Di Madina, Masjid Nabawi buka 24 jam, jadi pilihlah antara pagi, siang, atau malam hari. Ketika anda ikut travel perhatikan informasi dari ketua rombongan. Perhatikan buku panduan Haji anda, karena anda akan menemukan  titik- titik terbaik untuk ibadah Sholat wajib atau sunah.

Perlu diperhatikan bahwa semua sudut Masjid Nabawi penuh rahmat. Tidak ada tempat dikhususkan dimana anda harus berdoa. Sama halnya setiap sisi Masjidil Haram. Bagi wanita akan ada tempat khusus di sisi Utara di Masjid Nabawi.

Ada waktu khusus jamaah Haji bisa ke makam Nabi Muhammad S.A.W, maka manfaatkan waktu itu. Perhatikan ini, mungkin miris tetapi kisah tentang orang yang menipu di ibadah Haji ada. Mereka akan menceritakan cerita sedih dan memanfaatkan anda.

Beberapa mungkin benar tetapi kebanyak peniipuan. Ingat, jangan lepas dari kelompok anda sebagai keamanan. Informasi tentang pencopet ketika Thawaf dan Sai juga terdengar, tapi tetap lah berkhusnuzon dan menyerahkann diri kepada Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *