Layanan Jamaah Haji Ketika Datang di Masjidil Haram

informasi layanan haji

Beberapa hal diketahui baik tentang gerbang Masjidil Haram, maupun layanan haji . Termasuk layanan kursi roda bagi Jamaah Haji. Namun sebelum sampai ke pokok pembahasan informasi layanan haji. Ada baiknya anda mulai memeriksa barang bawaan dan hotel anda.

Beberapa Hotel Haji menawarkan layanan Haji berupa kursi roda. Ingat selalu membawa kunci Hotel anda dulu. Baiknya tinggalkan barang bawaan terkunci di kamar Hotel. Layanan Haji berikan termasuk kebutuhan loker barang jika dibutuhkan.

Jika ada masalah dengan pihak layanan Haji. Baiknya melaporkan hal tersebut bukan bergosip. Janganlah mengkritik tetapi meminta tolong. Penyelenggara Haji pasti sudah memiliki protokol. Layanan Jamaah Haji pasti sudah diperhitingkan oleh pemerintah.

Uang bawaan merupakan tanggung jawab anda. Tinggalkan uang anda di kamar Hotel atau bawa secukupnya. Seperti tips pernah disampaikan sebelumnya. Bawalah tas pinggang atau funny pouch untuk menyimpan atau kantung khusus.

Pastikan anda fokus mengerjakan rangkaian ibadah Thawaf. Jadi membawa uang tidak dibutuhkan untuk kesempurnaan ibadah. Diluar sana ketika anda selesai mengerjakan ibadah Haji. Semisal anda bertemu seorang Jamaah Haji yang terlihat kesukaran, maka bantulah.

Aneka Layanan Haji Ketika di Masjidil Haram Mekkah

Berhati- hati dengan orang yang mengaku kehilangan uang. Kita tidak pernah tau apakah dia benar sedang beribadah Haji. Berikan uang secukupnya jika anda yakin. Walaupun bukan fakta atau hanya modus kriminal. Anda tetap akan mendapatkan pahala berlipat dari satu kebaikan.

Kegiatan ibadah Thawaf mungkin paling berat. Selain bagi Jamaah Haji, juga bagi layanan Jamaah Haji oleh Pemerintah Saudi. Benyaknya orang disatu tempat harus anda maklumi. Siapkan kesabaran ekstra untuk hal mungkin terjadi.

Jangan menyalahkan pihak layanan Ibadah Haji. Menuntut mereka atas pelayanan ibadah Haji, bisa saja akan menyusahkan anda. Ingat kita tengah bertamu selain di rumah Allah. Saudi Arabia merupakan negera merdeka yang memiliki peraturan dan tata krama.

Apa layanan yang didapat Jamaah Haji di Masjidil Haram. Pemerintah Saudi telah menyiapkan tenda pelaporan. Mereka juga menyediakan tempat minum zam- zam. Air sudah dibagi menjadi hangat dan dingin. Bagi wanita sudah ada tempat tersendiri dengan tanda khusus.

Gerbang Masjidil Haram

Jutaan Jamaah Haji akan datang masuk ke Masjidil Haram. Tentu butuh banyak pintu agar tidak terjadi penumpukan. Inilah kenapa Masjidil Haram dikenal memiliki seratus gerbang pintu. Tips masuk gerbang Masjidil Haram ialah ingat dimana anda masuk.

Ingat tanda tertentu tentang gerbang tersebut. Karena jika salah mengambil gerbang ketika keluar. Anda akan tersesat 1- 2 km dari jalan ke Hotel. Selama anda melihat Ka’bah, dimanapun bagian anda bersholat Dhuha akan diterima. Insha Allah, karena cakupan Masjidil Haram sendiri luas dibanding masjid umum.

Pintu gerbang terbaik untuk masuk di Masjidil Haram. Menurut sebuah artikel adalah gerbang ke 84 dan 85. Sementara gerbang lain Malik Fahad (79) akan susah melihat Ka’bah. Anda tidak akan melihat langsung Ka’bah bahkan dari luarannya.

Perhatikan pula tanda lampu hijau dan merah. Setiap gerbang akan memberikan tanda tersebut. Jika lampu warna hijau menyala anda bisa ke sana. Ini berarti anda masih memiliki ruang untuk masuk. Jika lampu merah menyala. Berarti ruang dalam gerbang sudah terisi dan anda coba gerbang lain.

Bagaimana jika tidak mematuhi aturan gerbang Masjidil Haram. Anda akan terjebak ketika berusaha karena dan berhenti di depan gerbang. Ketika mau berbalik arah anda akan bertemu arus lain. Anda akan terbentur jamaah lain yang ingin mencoba seperti anda.

Layanan Lift dan Kursi roda di Masjidil Haram

Di Ka’bah ada tiga lift besar tersebar di beberapa tempat. Di pintu masuk Safa, ada satu lift besar dan tidak terlalu ramai. Tepatnya berada di gerbang nomor 5 Masjidil Haram. Kebanyakan orang tidak tau pintu masuk ini. Cobalah jika cukup waktu agar tidak kecewa.

Dekat pintu gerbang nomor satu dijalan dari Azizia. Di gerbang tersebut sangat sibuk. Anda mungkin akan menunggu lama. Terakhir ada di Marwa dimana litnya sangat besar. Berada disamping tidak terlalu mencolok. Banyak orang tidak sadar akan keberadaan lift tersebut.

Untuk layanan kursi roda gratis ada. Disediakan oleh pengurus Masjidil Haram sendiri. Kantor berada di daerah Marwa. Didekat tempat lahir Nabi Muhammad Sallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Untuk Thawaf dan Sai anda membutuhkan ID card. Memasuki masa Haji akan lebih sukar mendapatkan.

Didekat Safa lantai pertama sangat nyaman. Tersedia kursi roda motor tersedia. Tetapi perlu anda catat ini tidak gratis. Jamaah Haji merogoh kocek 50 riyal/Thawaf. Jika anda memiliki banyak uang maka ini opsi. Ini sangat user friendly bisa digunakan siapapun.

Dari organisasi Youth Society of Mekkah ada penyedia jasa. Layanan kursi rode oleh 50 anak muda Mekkah. Akan diberi gratis tetapi hanya untuk Sai. Ada kantornya didekat Safa lantai pertama. Hal terakhir anda bisa membeli kursi roda sendiri. Kemudian bisa ditambah sewa orang mendorng kursi roda.

Membeli kursi roda di Mekkah uang dikeluarkan 3000 riyal. Bisa dibawa pulang atau anda bisa amalkan ke pihak Masjidil Haram. Untuk menyewa orang mendorongkan kursi roda selama Haji. Anda harus berhati- hati karena sering memberi harga menohok.

Layanan umum sewa jasa pendorong kursi roda 50- 100 riyal. Harga sama untuk ibdaha Thawaf maupun Sai. Kebanyakan memberi harga mahal untuk Jamaah Haji. Satu orang bsia meminta bayaran 500 riyal untuk layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *