Tata Cara Umroh Terlengkap Awal Hingga Selesai

Foto bukti Umroh APM amanah
Bukti Umroh APM amanah

Bagaimana tata cara Umroh terlengkap dari awal. Menurut pengertiannya sendiri berarti berkunjung. Secara bahasa Umrah berarti sengaja mendatangi tempat yang selalu dikunjungi. Oleh karena itu tahapan Umrah dapat dilakukan kapan saja. Dibanding Haji yang hanya pada bulan Dzulhijjah setahun sekali.

Pengertian syar’i dan termonologi Fiqih, mengartikan sebagai mengunjungi kota Mekkah. Dalam hubungannya beribadah kepada Allah SWT. Berangkat ke Baitullah melakukan kegiatan ibadah dengan mengikuti syarat- syarat.

Kegiatan mengunjungi Allah memiliki tata cara dan sopan santun. Tata caranya berbeda dengan tata cara Haji. Jika Umrah maka anda akan Thawaf, Sya’i dan Tahallul atau bercukur karena Allah Ta’ala. Setidaknya Umrah dilakukan sekali seumur hidup bila mampu.

Tahapan Umrah seperti halnya Haji sudah ditentukan dan tidak boleh dirubah.Sebelum masuk ke tata cara Umrah. Kita akan membahas keutamaan Umrah. Jika Haji mabrur berbalaskan Surga langsung. Maka Umrah merupakan pengampun dosa diantara Umrah lain.

Akan menjadi kafarat untuk dosa yang pernah kita lakukan. Diantara Umroh yang pernah kita lakukan mengampuni semua dosa.

Tata Cara Umroh Ikuti Tahapan Berikut

Tata cara Umroh tidak lebih panjang dari Haji. Bagi umat Muslim merujuk kepada prosesi bertamu. Statusnya delegasi khusus yang mana setiap doa dikabulkan. Bagi wanita memiliki kelebihan tersendiri. Umrah bagi wanita berarti sama dengan berjihad kaum laki- laki di medan perang.

Hukum ibadah Umroh bisa menjadi wajib bila belum pernah sekalipun. Hanya jangan memaksakan apalagi menyangkut materi. Berhati- hati ketika memilih paket Umrah murah. Pastikan tahapan Umrah pertama anda berjalan dan tidak meninggalkan penyesalah.

Bagi yang bernazar hukum wajib menjadi lebih kuat. Jika dilakukan lebih dari dua kali. Hukum Umrah menjadi Sunnah. Anda bisa membaca ulasan ini pada artikel terkait disini. Jika secara finansial anda mampu maka Umrah lagi.

Namun akan menjadi pahala luar biasa jika bisa mengajak keluarga kita. Jika dalam bahasa Arab berarti untuk berkunjung. Jika Haji dilakukan untuk menunjukan Iman kita kepada Allah. Maka menurut Nabi Muhammad, Umrah merupakan ibadah penebusan atas segala dosa antar Umrah.

Setiap Ibadah memiliki aturan, ada tata cara umroh yang perlu anda pahami.  Anda harus tau tentang ritual dan tata cara menjalankan ibadah. Umrah dimulai tidak cuma dari memakai Ihram. Sebelumnya butuh persiapan khusus ketika kita di tempat istirahat. Berikut tahapan Umrah lengkap:

Tahapan 1

Sebelum meninggalkan tempat istirahat singgah, lakukan beberapa hal ini sebelum anda memakai kain Ihram anda:

  1. Gunting semua kuku
  2. Cukur bulu dan rambut di bada
  3. Laki- laki mencukur kumis
  4. Mandilah bersi, dan parfum bisa dipakai di tahap ini

Perlu diingat ini belum memasuki tahap Ihram. Beberapa website mungkin menyampaikan kita tidak boleh bercukur, menggunting kuku dan memakai minyak. Di tahapan pertama ini anda akan membaca niat sebelum ber Ihram.

Tahapan 2 Ihram

Ingat Ihram baru masuk ketika anda sudah membaca niat. Pakaian Laki- laki dan perempuan harus menutup aurat, bersih, dan jangan memakai perhiasan sebelum Ihram. Mandi diatas disunnahkan mandi besar. Ihram akan dimulai di tempat tertentu yang disebut Miqat antara lain di Masjid Dzul Hulaifah/Bir Ali, Ji’ronah Tan’im.

Pakaialah pakain Ihram anda. Syarat pakaian Ihram adalah putih bersih dan tidak memakai berjahit. Lalu bacalah “abbaika ‘umratan, Labbaika allahuma labbaika, labbaika laa syariikalaka labbaika, innalhamda wan ni’mata laka wal mulka laa syariika laka”

Selepas niat maka sudah masuk Ihram. Adapun larangan- larangan ketika Ihram adalah:

  1. Jamaag tidak memakai pakain berjahit
  2. Laki- laki tidak booleh memakai penutup kepal
  3. Potonglah kuku.bulu/rambu
  4. Wanita tidak menutup wajah dan telapak tangan
  5. Dilarang mencabut, memotong atau merusak tanaman di Tanah Haram
  6. Jamaah tidak diperkenankan menikah atau dinikahkan
  7. Suami istri tidak boleh melakukan hubungan suami- istri
  8. Binatang darat tidak boleh buru, membunuh, ataupun membantu berburu
  9. Dilarang memakai wangi- wangian
  10. Dilarang kotor atau berkata yang tidak baik, apalagi bertengkar ataupun berkelahi.

Tahapan 3 Thawaf

Thawaf dilakukan ketika memasuki Masjidil Haram di Mekkah. Laki- laki haru menutupi lengan kirinya dengan kain Ihram untuk tiga putaran awal. Untuk semuanya laki- laki dan perempuan, ketika akan melewati Hajar Aswad maka ciumlah, sentuhlah, atau melakukan gerakan itu.

Baca doa berikut ketika mau masuk Masjidil Haram:

doa masuk Masjidil Haram

Thawaf adalah berjalan mengelilingi Kakbah tujuh kali putaran. Bergerak berlawanan arah jarum jam. Ingat letak Kakbah disebelah kiri kita. Berjalan mulai dari Hajar Aswad dan kembali ke Hajar Aswad. Tiga putaran pertama berjalan lebih cepat selanjutnya berjalan biasa.

Sepanjang Thawaf bertakbir dan doa yang dipanjatkan pribadi dan diakhiri doa

Rabbana atina fiddunya hasanah, wafil akhirati hasanah waqina adzabannar” pada setiap akhir putaran.

Tahapan 4 Makam Ibrahim

Setelah Thawaf kunjungilah Maqam e-Ibrahim AS dan berdoa. Setelah selesai ambil air zam-zam dan minum dari itu, anda bisa juga menyiramkan ke sebagian kepala. Ini sesuai dengan bunyi Al- Quran, “Dan bawalah kamu (orang- orang) Makam (tempat) Ibrahim sebagai tempat berdoa,” (2:125).

Tahapan 5 Sai

Sai adalah kegiatan berlari kecil dari bukit Safa ke bikut Marwah. Cara menghitung Sai yaitu dari Safa ke Marwah satu kali dan Marwah ke Safa dihitung satu kali.

Tahapan 6 Tahalul

Selanjutnya disini baik laki- laki ataupun perempuan akan dicukur Tahalul. Untuk perempuan seujung rambut. Sedangkan laki- laki bisa digundul atau dipotong sejajar. Selesai bercukur maka selesailah ibadah Umrah. Cara Tahalul Mahram atau suami dicukur dulu, kemudian Mahram memotong rambut istri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *