Sejarah Ka’bah Cerita Bangunan dan Thawaf Pertama di Dunia

gambar kabah lama

Pihak peneliti masih bingung tentang sejarah Ka’bah. Belum ada kesepakatan tentang bangunan inti Masjidil Haram tersebut. Sejarah tentang siapa yang membangun bangunan Ka’bah. Dan kenapa Kota Mekkah menjadi pilihan untuk mendirikan Ka’bah.

Kebanyakan Ulama sepakat bahwa sejarah Ka’bah adalah Mukjizat. Menurut kesimpulan mereka bahwa bangunan tersebut dibuat oleh Malaikat. Satu fakta bahwa Ka’bah merupakan bangunan pertama di dunia. Pendapat kedua paling kuat, siapa pendiri Ka’bah adalah Nabi Adam AS manusia pertama sendiri.

Pendapat lain yang mendirikan bangunan tersebut Nabi Ibrahim AS. Satu riwayat mengatakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, akan membangun bangunan suci pertama di muka bumi. Sebelum terciptanya segala sesuatu yang berada terbentuk di bumi.

Maka Ka’bah tempat pertama kali diciptakan sebelum bumi. Dibangun 2000 tahun bahkan sebelum terciptanya Bumi sendiri. Sejarah Ka’bah, fondasinya sendiri sudah dibuat di bawah bumi ketujuh. Ini menurut pemahaman ahli tafsir.

Ka’bah menurut putra Nabi Muhammad SAW. Bahwasanya Muhammad bin Al- Husain bin Ali bin Abi Thalib, bahwasanya Allah memerintahkan Malaikat membangun bangunan mirip Bait Al Makmur di Surga diatas Bumi.

Sejarah Ka’bah Dibangun Oleh Malaikat

Ka’bah menurut pendapat diciptakan diatas air. Jadi sebelum tanah bumi terbentuk, bangunan ini sudah ada berbentuk buih. Dari sinilah tercipta fondasi bumi hingga berbentuk bulat. Pendapat ini diriwayatkan oleh Ibnu Umar, Mujahid, dan Suddiy.

Sejarah kedua bahwa Ka’bah dibuat oleh Nabi Adam. Bahwasanya setelah diturunkan ke bumi, Beliau meminta ampun kepada Allah dan diperintahkan membangun Ka’bah. Disanalah Beliau mengelilingi atau melakukan Thawaf pertama kali di Ka’bah, ini sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah.

Ketika banjir datang pada jaman Nabi Nuh AS. Dikatakan bahwa Ka’bah diangkat ke langit sementara. Dan menjadi tempat Malaikat berthawaf dan beribadah. Setipa hari tujuh puluh ribu Malaikat berkeliling melakukan Ibadah Thawaf.

Setelah banjir surut bentuk fisik Ka’bah tidak nampak. Maka diperintahkan Nabi Ibrahim untuk membangun diatas fondasi yang sama. Waktu sampai Nabi Ibrahim diperintahkan adalah ribuan tahun. Atas instruksi dan rancangan Malaikan Jibril, Nabi Ibrahim dan Ismail membangun Ka’bah kembali.

Pristiwa dibangunnya kembali Ka’bah oleh Nabi Ibrahim dan Putranya, diabadikan oleh Al Quran Surah Al Hajj Ayat 26:

Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan): “Janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan aku dan sucikanlah rumah Ku ini bagi orang- orang yang ruku dan sujud,” QS Al Hajj (22): 26

Ketika membangun Ka’bah, Nabi Ibrahim mengalami kesulitan ketika akan membangun bagian atas. Kemudian Nabi Ibrahim mengangkat batu dan diletakan disatu tempat di samping Ka’bah. Inilah sejarah Maqam Ibrahim sebenarnya.

Kesimpulan Sejarah Ka’bah di atas Bumi

Pendapat ketiga bahwa Ka’bah baru dibangun oleh Nabi Ibrahim. Ini diperkuat dari Hadist Nabi Muhammad SAW sendiri:

“Ya Allah, sesungguhnya aku jadikan wilayah di antara dua gunungnya (Madinah) sebagi bumi larangan, sebagaimana Ibrahim menjadikan Mekkah sebagai bumi larangan,” HR. Ahmad No. 12.951

Ini memperkuat bahwa Nabi Ibrahim yang membuat bumi larangan. Dimana menjadi fondasi bahwa bumi adalah suci bukan sekedar tumpukan batu dan pasir. Larangan disini berarti suci dari dibanding apa yang lain.

Inilah bukti bahwa Ka’bah memiliki sejarah yang menarik. Jaman berlalu banyak orang mencoba menafsirkan. Pendapat terkuat adalah bahwa Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim. Kemudian diperbaiki oleh Suku Quraish, dimana Nabi Muhammad juga terlibat membangun ulang struktur Ka’bah sekarang.

Sungguh kita hanyalah manusia biasa, terbatas dari segala teori tentang sejarah Ka’bah dan fakta dibaliknya. Hendaknya sebagai Umat Muslim cukup mengamini dan kembali kepada Allah Ta’ala. Tiada rahasia kecuali sepengetahuan Nya.  Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *