Mencari Tempat Bersejarah Masjid di Kota Madinah

gambar masjid quba
Masjid Quba

Jika anda mencari tempat bersejarah di Kota Madinah. Berikut empat tempat bersejarah yang mungkin anda kunjungi. Sebagai salah satu Kota Suci bagi Umat Islam, Madinah menjadi tempat wajib dikunjungi baik ketika Haji atau Umroh.

Jutaan Jamaah Haji atau Umroh datang dari penjuru dunia. Tidak sekedar berkunjung, banyak tempat menarik dari Madinah, dan kami sampaikan empat tempat bersejarah Masjid di Kota Madinah.

1. Masjid Nabawi

Sudah menjadi keharusan didatangi oleh Jamaah Haji atau Umroh. Selain Masjidil Haram di Mekkah, maupun Masjid Aqsa di Palestina, maka di Madinah ada Masjid Nabawi. Dibangun oleh Rasulullah sendiri bersama para sahabat dan Kaum Anshor.

Sejarah panjang Masjid Nabawi tidak mungkin dihiraukan. Disinilah pula tempat dimana Rasulullah tinggal, sekaligus menjadi tempat peristirahatan Beliau terakhir. Didirikan disaat pristiwa Hijarah terjadi dan masih ditinggali hingga akhir hayat.

Ini membuktikan Madinah sama pentingnya dengan Mekkah. Merupakan Masjid kedua dibangun setelah Masjid Quba. Memiliki gaya arsitektur klasik dan kontemporer Islam. Dibangun melewati berbagai masa, mengalami perombakan, dan perluasan.

Masjid Nabawi juga termasuk tempat Rasulullah tinggal. Merupakan sentral bagi Kota Madinah berdaya tampung 1 juta. Ciri khas kubah berwarna Hijau dan payung raksasa buka tutup otomatis. Keutamanan disini adanya pahala Sholat berlipat, sesuai Hadist disampaikan Rasulullah sendiri.

“Shalat di Masjid Ku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 Shalat di Masjid lainnya, selain Masjidil Haram,” HR. Bukhari No. 1190 dan Muslim No. 1394, dari Abu Hurairah.

2. Masjid Quba

Merupakan Masjid pertama dibangun oleh Rasulullah SAW sendiri. Bukan Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Dibangun oleh Rasulullah dan para Sahabat pertama kali. Dibangun ketika sampai pertama kali di Madinah ketika pristiwa Hijrah.

Sejarah Masjid Quba ketika Rasulullah dan Sahabat diijinkan Hijrah. Beliau diijinkan berangkat ke Madinah dan mampir sebuah tempat. Rasulullah dan Sahabat berkunjung di Kampung Quba. Beliau menginap di Rumah Bani Amir bin Auf.

Disana Beliau membangun sendiri Masjid Quba yang didasar ketakwaan. Awalnya hanya berbentuk sederhana, atap pelapah pohon kurma. Sampai waktunya diarsitektur menjadi Byzantium dan perpaduan arsitektur Persia.

“Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba, kemudian dia mendirikan Sholat di sana, maka dia akan mendapatkan pahala Umroh,” HR. Ibnu Majah

3. Makam Rasulullah

gambar maka rasulullah
Makam Rasulullah

Terletak disekitaran Masjid Nabawi wajib dikunjungi. Jika anda datang kesini, menurut pengalaman Jamaah Haji, anda akan merasakan perasaan cinta dan rindu mendalam. Sebuah pengalaman yang wajib dirasakan oleh semua Umat Islam.

Disinilah anda akan merasa di titik terdekat dengan Rasulullah SAW. Tanpa terasa banyak Jamaah Haji menteskan air mata disini. Lantunan Shalawat menambah rasa rindu mendalam kepada Rasulullah.

Menurut para Ulama, akan banyak pahala didapat dari sini, dan jangan lupa meminta Safaat Beliau. Namun tidak bisa berlama- lama berada di makan Rasulullah. Pihak keamanan menjaga ketat tempat ini karena menghindari kesyirikan.

4. Raudhah

Raudhah secara bahasa berarti taman. Menurut riwayat inilah taman surga di dunia bagi Umat Islam. Ini sesuai dengan Hadists Rasulullah sendiri, yaitu:

Rasulullah bersabda,”tempat yang ada diantara rumahku dan mimbarku adalah Raudhah (taman) diantara taman- taman Surga.” (HR. Bukhari No.1120)

Tempat Raudhah berada diantara mimbar dan makam beliau. Makam Rasulullah sendiri dulunya merupakan kamar Beliau. Sebagai catatan di Raudhah inilah Rasulullah menerima wahyu untuk berkhutbah dan mengajak Sahabat Sholat berjamaah.

Meskipun disebut taman surga tidak berarti sesungguhnya. Namun karena disanalah tempat kegemaran Rasul beribadah. Maka disana anda akan menemukan kekhusyukan. Perasaan lebih dekat dengan Rasulullah akan begitu terasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *