Jenis Penyakit Haji dan Umroh Tips Kesehatan Ibadah

Kesehatan fisik ketika ibadah Haji dan Umroh harus dijaga. Selain kesiapan mental dan hati, anda juga harus memperhatikan beberapa hal tentang fisik. Perhatikan tentang cuaca menunggu anda ketika beribadah, pahamilah keadaan cuaca sebelum anda berangkat Haji dan Umroh

Perhatikan juga kesehatan anda agar tidak terkena penyakit umum. Penyakit apa yang mungkin menganggu kesehatan. Fokus anda adalah tidak memaksakan diri. Ibadah tetap dijalankan tetapi perbanyak istirahat.

Perhatikan anda akan menemui Allah Subahanahu Wa Ta’ala. Umat Muslim harus mencapai titik puncuk kesehatan. Jadilah sosok penolong disekitar dan diri sendiri. Jangan memaksakan keadaan ketika ibadah. Jagalah jarak kaki anda atau nanti akan terluka.

Lindungi barang bawaan didekat anda. Fokus mengerjakan ibadah Haji dan Umroh, pastikan kesehatan dan bawaan sudah aman. Sesampainya di Saudi, anda harus melupakan urusan dunia di Indonesia. Jangan sampai terganggu walau sekecilpun pemikiran.

Jauhi orang yang mungkin menggangu kesehatan mental anda. Hindarilah mereka di Indonesia yang tidak mendukung ibadah anda. Bawalah obat- obatan keseharian anda. Ingat kesehatan diri sendiri hanya anda yang tau.

Taruh obat kesehatan harian anda di tempat aman dan kering. Obat insulin ditaruh di wadah pendingin ketika ibadah Haji dan Umroh. Jangan membawa barang bawaan tidak penting di koper. Semakin ringan koper semakin baik ketika akan berangkat Haji.

Ibadah Haji Utamakan Kesehatan

Jaga kesehatan jangan berkompromi dengan orang lain. Minumlah obat tepat waktu menjaga kesehatan. Jika anda menderita diabetes obat sangat penting. Menjaga kesehatan juga termasuk menjaga porsi makan.

Kebutuhan air akan lebih dibanding makan porsi besar. Jaga jarak dari matahari jika tidak penting. Minum air diwaktu tepat agar tidak menggangu ibadah. Dengan minum di tempat tepat, anda akan terhindar dari dehidrasi dan ibadah Haji lancar.

Anda tidak perlu harus ke toilet ketika ibadah. Jagalah kesehatan anda dari dehidrasi maupun kepanasan. Jangan terburu- buru ketika melempar jumroh. Anda tidak perlu melihat sandal karena takut lepas. Karena bisa jadi kehilangan pandangan dan terdorong jatuh.

Jika anda terluka kecil maka langsung bersihkan. Gunakan antiseptik atau air agar tetap terjaga kesehatan luka.

Anda bisa menggunakan krim antiseptik atau antibiotik. Jika tidak tersedia carilah pertolongan untuk luka yang dalam dan perih tajam. Menjaga kesehatan termasuk berolah raga. Terutama ketika anda masih berada di Indonesia.

Tips menjaga kesehatan ketika mau ibadah haji mudah. Cukup berjalan kaki 30- 45 menit 2- 3 minggu sampai 5 km. Mulailah pelan- pelan jangan memaksakan jarak atau kecepatan. Pakai sepatu olahraga agar mudah berjalan kaki. Pastikan kaki anda nyaman jangan sampai terluka.

Jika anda terlalu gemuk pertimbangkan puasa atau diet. Kursi roda tersedia baik di Mekkah mapun Madinah gratis. Ibadah Haji dan Umroh bukan sekedar mendaftar sampai berangkat saja. Salah makan bisa membuat anda terkena penyakit.

Kesehatan anda bisa terganggu baik sebelum atau sesudah di sana. Pastikan makanan anda seimbang demi kesehatan. Jangan makan sembarangan hingga terkena penyakit dibawah ini.

Susah buang air besar

Jika anda mengkonsumsi makanan tanpa serat ketika ibadah Haji dan Umroh. Bersiaplah anda akan susah buang air besar. Air minum bisa menolong pencernaan anda. Ketakutan mengantri di toilet ketika ibadah Haji.

Anda bisa- bisa kurang minum hingga berakhir susah BAB. Kalau anda ingin makan di warung dijalan, carilah makanan sehat lengkap secara serat. Untuk memenuhi kebutuhan serat bisa makan buah kering, sereal atau gandum, dan buah atau sayur segar.

Susah buang air besar menyebabkan tidak nyaman ketika ibadah. Maka lakukan diet sehat dengan makan buah- buahan selain nasi.

Diare atau muntah- muntah

Virus mungkin menghampiri anda. Penyakit umum menerpa adalah diare. Melalui makanan bisa terkena diare atau demam. Alhasil penyakit dadakan akan menyerang kesehatan. Pastikan makanan anda bersih agar tidak sakit.

Bersihkan buah dan sayur sebelum anda mengkonsumsi makanan. Pastikan makanan dimasak baik agar membunuh bakteri dan virus. Kupas buah yang mau dimakan sebelum dikonsumsi. Penyakit diare mungkin terjadi karena tertular.

Jauhilah orang yang terkena diare di rangkaian ibadah Haji dan Umroh. Perhatikan raut muka apakah demam karena tanda diare. Jika anda merasa tertertular dan mulai demam. Isolasi diri hingga virus hilang. Sediakan obat- obatan ringan untuk penyakit ini.

Diare juga bisa menjadi tanda penghilangan virus. Jika diare sampai enam hari atau lebih maka ke dokter lah.

Anda harus minum obat anti- diare agar berhenti. Minumlah air zam- zam sebagai harian ketika ibadah Haji dan Umroh Selain memiliki berkah juga baik ketika diare. Kita tau diare menyebabkan kekurangan zat cair masif.

Penyakit Lain Ketika Haji

Diabetes

Penyakit yang banyak diderita Muslim Indonesia. Menjaga kesehatan bagi penderita diabetes bisa rumit. Optimisasi kontrol diabetes anda sebelum berangkat. Bawalah obat- obat harian anda sampai satu minggu atau lebih. Ingat, diri sendiri lah yang paling mengerti penyakit kita ketika datang.

Tetap menjaga diet ketika berada di sana. Siapkan perlatan pengecek gula harian. Berhati- hatilah dengan buah tidak sehat karena tambahan pemanis. Jangan sampai anda melukai diri sendiri. Diabetes basah sangat berbahaya jika terluka karena berdesakan.

Tekanan Darah Tinggi

Pastika kesehatan tensi darah anda terjaga sebelum berangkat. Pastikan meminum obat tepat waktu sesuai resep. Kesehatan mungkin terganggu karena faktor perubahan cuaca. Lakukan pembicaraan dari dokter pribadi anda.

Konsultasi jika ketika disana merasa pandangan buram, sakit kepala mendadak, puyeng, linglung dan sakit di sendi.

Sakit Kulit

Cuaca kering di Saudi akan membuat kulit retak, terutama telapa kaki atau sendi. Kalau kering sekali bisa menyebabkan inveksi. Kulit mungkin bisa melepuh dan bertahan beberapa hari dari 3-4 hari. Ini terjadi karena tidak cuma kenapasan, tetapi anda berjalan kaki lama diatas tanah yang panas.

Ada baiknya anda mengenakan alas kaki nyaman. Penggunaan vaselin dimungkinkan, atau balsem kaki atau cream anti- matahari. Glycosol krim tersedia di Arab Saudi dan sangat membantu. Pakai kaos kaki atau alas kulit diatas lantai batu.

Infeksi Jamur

Yang mungkinĀ  terjadi jika anda bolak- balik ke kamar mandi. Ketika berwudhu kita juga membahasi kaki. Alahasil kemungkinan mendapatkan jamur kaki. Sela- sela kaki mungkin tumbuh jamur maka persiapkan. Gunakan krim anti- jamur teratur, karena akan banyak melakukan wudhu untuk beribadah.

Sakit Pinggang

Lebih umum sakit pinggang termasuk sendi, angkel, atau telapak kaki. Karena kaki harus menanggung beban bawaan dan beban tubuh. Ibadah Haji dilakukan secara fisik membutuhkan kekuatan tubuh. Hubungi dokter mengenai kemungkinan penyakit tulang.

Kuatkan otot anda agar siku- siku tidak mudah sakit. Obat- obatan banyak di Saudi Arabia. Tetapi untuk penyakit kronis bisa tidak tersedia. Apalagi jumlah Jamaah Haji yang banyak. Tambahkan obat untuk seminggu lebih bila perlu. Kesehatan anda hanya diri sendiri yang tau.

Perhatikan anjuran dokter pribadi meliputi pantangan, pengobatan, dan dosis. Obat harian yang patut dibawa seperti pain killer, obat pusing, untuk keram perut, diare, pilek, dan infeksi. Perhatikan langkah anda ketika berjalan kaki. Kemungkinan lantai berbentuk batu atau kelereng ada.

Menurut sumber ada lantai kelereng di Haramain. Berjalan tanpa alas kaki hasilnya kulit kering, contohnya ketika Thawaf. Gunakan kaos kaki atau alas kulit jika ini menjadi masalah. Ingat ibadah Haji merupakan penyempurna.

Pastika anda melakukan persiapan sesempurna mungkin. Yang terakhir berserah diri kepada Allah Subanahu Wa Ta’la.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *