Mencari Miqat Ihram Terdekat Mekkah Masjid Aisyah

mencari miqat terdekat

Mencari Miqat terdekat dari Mekkah dan murah. Mungkin anda pernah mendengar nama daerah Tan’im. Adalah tempat perbadatasan antara tanah haram dan halal. Bertempat di sisi utara Kota Mekkah dari arah Madinah.

Jarak antara anda nanti Miqat ke Baitullah sekitar 7 km, dapat ditempuh selama 20 menit. Disana taukah anda, ada sebuah Majid bernama Aisyah terletak di tepi jalan. Untuk tempat lain ada Jabal Na’im yang berada di Selatan.

Adapula Jabal atau gunung Mu’nim, dan wadi atau lembah Nu’am dan Tan’im. Tentu dibanding berhenti di Masjid Aisyah.

Tempat lain dibilang tidak lebih nyaman dari Masjid Aisyah. Riwayatnya bermula dari Istri Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wa Sallam, yaitu Aisyah binti Abu Bakar RA, yang tidak bisa menemani suaminya Nabi Muhammad berhaji Wada.

Waktu itu Beliau tengah datang halangan yaitu Haid. Maka diperintahlah Abdurrahman bin Abu Bakar, saudara laki- laki Siti Aisyah. Diperintahkan mengantar Beliau Aisyah ke Tan’im. Nabi meminta Aisyah untuk melaksanakan Umroh bulan Dzul Hijjah.

Disinilah tempat Beliau Aisyah RA melakukan Ihram dan niat Umroh. Merupakan tempat pilihan masyarakat Mekkah berumroh. Tempatnya dekat dan lebih mudah dijangkau transportasi. Letaknya yang dipinggir jalan menjadikan pilihan Jamaah Haji Umroh.

Sejarah Masjid Aisyah tersebut tercatat dalam sebuah Hadist

“Anda semua nya (para rombongan yang bersama dengan Rasulullah) sudah melaksanakan ibadah umroh dan haji. Sedangkan aku (aisyah) baru melaksanakan hajinya saja,” Selanjutnya Rasulullah SAW pada hadist riwayat lainya memberikan perintah kepada Abdurahman bin Abubakar RA.

Mencari Miqat Terdekat dan Nyaman ke Mekkah

Mencari Miqat ini anda akan menemukan Masjid indah. Ketika jaman Raja Fadh bin Abdul Aziz, Masjid ini direnovasi besar- besaran. Luas tempat Miqat ini sampai 84.000 m2, luas Masjid Aisyah sampai 6000 m2, dan fasilitasnya lengkap, antara lain tempat parkir, Wudhu, dan toliet pria dan wanita.

Benar- benar memberikan rasa nyaman bagi Jamaah. Didalam Masjid sudah modern termasuk ada AC sentral. Adapula puluhan kipas angin yang mendinginkan. Ingin berhenti sejenak, anda bisa membaca mushaf Al- Quran yang sudah terjemahan ke berbagai bahasa.

Karpet Masjid Aisyah sudah dijamin kualitas terbaik. Masjid tersebut juga tidak sepi keseharian. Ada para Ulama dari dalam atau luar negeri. Mereka mengadakan kajian berkala di tempat tersebut. Tidak jarang kajian memakai bahasa Indonesia.

Masjid buka 24 jam, setiap saat Jamaah Haji Umroh tinggal sementara disini. Alasannya mereka menghindari panas siang. Menyiasati hal tersebut dengan Ihram pada malam hari. Banyak transportasi adalah kelebihan lain.

Bus SAPTCO maupun angkot tersedia untuk berangkat ke Masjidil Haram nanti. Anda cukup membayar 2- 3 real atau Rp.8000- Rp.15.000 saja. Tenang biasanya sudah dikordinasi pihak travel Haji Umroh. Tempat ini merupakan favorit bagi Jamaah asal Indonesia.

Sebagai catatan bahwa Imam Syafi’i lebih menyarankan Miqat di Ji’ronah, bagi mereka yang utamanya tinggal di Mekkah. Jadi cocok buat Jamaah Indonesia untuk datang disini. Untuk warga Mekkah yang pertama Miqat di Ji’ronah, kedua baru Tan’im, dan Hudaibiyah.

Jika anda mau mencari Miqat pelajari juga ketiga tempat tersebut. Ada baiknya pula anda bertanya ke pada pihak travel dimana tempat Miqat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *