Ada Berapa Macam Thawaf Ibadah Haji Umroh

macam thawaf

Sebelum kita membahas mengenai macam- macam Thawaf. Ada baiknya kita merunut dari pengertiah ibadah Haji dan hal- hal yang perlu anda ketahui. Ibadah Haji hukumnya wajib, dimana jika anda bertanya berapa kali wajib Haji, maka jawaban itu mudah sekali wajib haji.

Seperti tertulis di Surah Ali Imron Ayat 97, bahwasanya yaitu bagi yang sanggup.

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka seĀ­sungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesĀ­ta alam. QS. Ali Imron : 97

Dalam hal ini sanggup, berarti sanggup berangkat untuk menjalankan ibadah Haji. Kesanggupan ini memiliki penafsiran beberapa macam. Ibadah Haji kata sanggup termasuk keadaan fisik. Jika persyaratan fisik tidak mampu berangkat hingga menjalankan ibadahnya. Maka baginya tidak wajib melakukan ibadah Haji tersebut sendiri.

Oleh karenanya, Haji bisa diwakilkan orang lain dengan biaya ditanggup yang diwakili. Jika anda sudah tidak mampu secara fisik maka wakililah agar tidak hilang kesempatan ber Haji. Kesanggupan juga termasuk biaya perjalanan. Apalagi jarak antara Arab Saudi dan Indonesia sangat jauh hingga menyebrangi samudra.

Biaya dikeluarkan ibadah Haji memang mahal. Tetapi anda bisa mulai berpikir menabung Haji di travel anda pilih. Perihal anak- anak apakah boleh Haji. Jawabannya sah atas anak- anak ibadah Haji dijalankan. Tetapi apabila kelak dewasa wajib mengulang kembali. Alasannya karena baliq menjadi salah satu syarat wajib menunaikan ibadah Haji.

Macam- Macam Thawaf

Thawaf sendiri merupakan Rukun Haji yang tidak boleh ditinggalkan. Ibadah Thawaf merupakan inti dari Ibadah Haji dan Umroh. Disini anda akan berada di titik paling dekat dengan Allah SWT. Dalam Rukun Haji nama Thawaf kita adalah Thawaf Ifadah. Thawaf ini merupaka satu rangkain ibadah Haji, sehingga tidak wajib berniat atasnya.

Lain hal jikalau anda melakukan Thawaf lain. Seperti Thawaf Wada maka anda perlu berniat sendiri. Sunnah Thawaf sendiri menghadap Hajar Aswad. Anda mengucapkan takbir dan tahlil seperti ketika Shalat, mengusap Hajar Aswad, kemudian mencium Hajar Aswad.

Namun, bila kesulitan jangan memaksakan diri, apalagi sampai mengorbankan jamaah lain. Anda bisa mengganti dengan isyarat tangan. Sunnah ini dipertegas oleh riwayat Umarh bin Khattab sendiri. Jika tidak karena Nabi Muhammad melakukan itu. Maka tidak akan Sahabat Umar melakukan karena memungkinkan terjadi kesyirikan.

Thawaf Qudum

Thawaf ini merupakan selamat datang. Ditujukan bagi mereka orang diluar Mekkah. Thawaf dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas Baitullah Ka’bah. Hukum menurut ulama ialah Sunnah menjadi bentuk penghormatan kita.

Thawaf Ifadah

Merupakan Rukun syah Haji. Hukumnya tidak boleh ditinggalkan bahkan tidak bisa diganti dam. Tidak bisa digantikan. Dilaksanakan selepas Selepas melempar jumroh, nar atau penyembelihan dan menggunduli kepala, maka barulah kita di Mekkah. Baru anda melakukan Thawaf Ifadah sebanyak tujuh kali putaran.

Thawaf Wada

Disebut juga Thawaf selamat tinggal. Dikerjakan ketika akan meninggalkan kota Mekkah. Menurut mayoritas Ulama menyebut Thawaf ini wajib. Sedangkan Imam Malik mengatakan hukum Thawaf Wada Sunnah. Hukum wajib berdasarkan Hadist Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhum

Thawaf Umroh

Ini merupakan pembeda anatar Haji dan Umroh. Thawaf Umroh apa yang dikerjakan oleh Jamaah Umroh ketika di Mekkah.

Thawaf Nadzar

Dilakukan karena berhutang janji atau nadzar. Hukumnya wajib karena janji merupakan hutang. Dilakukan tidak khusus waktu tertentu. Tambahan bahwa jika anda belum Thawaf Wada maka tidak diperkenankan meninggalkan Masjidil Haram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *