Rumah Tempat Lahir Nabi Muhammad di Mekkah

tempat lahir nabi muhammad

Anda mungkin sudah tau bahwa Rasulullah bermukim di Madinah. Sekarang kita akan membahas dimana tempat lahir Nabi Muhammad di Mekkah. Ini menjadi obyek wisata favorit Jamaah Haji dan Umroh. Menjadi satu pusat sejarah Kota Mekkah selain Masjidil Haram sebagai intinya.

Dimana tempat lahir Nabi Muhammad di Mekkah. Dekat dari Masjidil Haram sekitar 150 meter di sebelah barat. Berdiri di kaki gunung Khandama, tentu sudah berubah dari aslinya, tetapi kesan sederhana dan damai masih terasa.

Letaknya memang dipinggiran pusat Kota Mekkah. Sunggu tempat cocok bagi lahirnya Rasulullah karena penuh kedamaian. Beliau memang lahir dari keluarga terpandang Mekkah. Namun mereka lebih nyaman jauh dari hiruk- pikuk pusat Kota Mekkah sendiri.

Bukan merupakan bangunan asli seperti masanya. Bangunan ini berukuran 10×18 meter, nampak sederhana dibanding megahnya bangunan umum di sana. Oleh pemerintah Saudi sendiri tampak dibiarkan begitu adanya.

Rumah Sederhana Rasulullah di Tanah Suci

Pemerintah Saudi memang tidak spesifik mengelola tempat ini. Bahkan tampak sering terkunci dibanding dibuka. Kekhawatiran akan menjadi tempat timbul Syirik berasa. Bahkan konon Pemerintah Saudi bahkan berniat menghancurkan bangunan ini.

Tujuannya agar menjaga sekitara tempat suci Ka’bah di Masjidil Haram. Agar tidak menjadi berhala sementara Jamaah beribadah di sana. Beberapa penganut Wahabi bahkan mengusulkan dijadikan perluasan Masjidil Haram saja.

tempat kelahiran nabi muhammad

Rasulullah dilahirkan di sini pada 12 Rabiul Awal di tahun Gajah. Tepat ketika terjadi penyerangan oleh pasukan gajah. Ada sebagian menyebut tepatnya pada bulan Agustus tahun 570 masehi. Itu sesuai dengan informasi dari Ibnu Hasyim, Ibnu Ishaq, Ibnu Abbas, dan Caussin.

Seluruh Ulama percaya bahwa Nabi dilahirkan di rumah Abdul Muthalib. Kakek Rasulullah yang disegani oleh Kaum Quraish di Kota Mekkah. Beliau dikenal sebagai pemuka, dihormati, dan disegani oleh pemuka Quraish.

Karena pengaruh yang begitu kuat, Abdul Muthalib diamanahi menjaga kunci Ka’bah. Dan rumah Rasulullah ini dirubah menjadi perpustakaan. Orang biasa menyebutnya Maktabah Mekkah al Mukkaramah.

Renovasi disisi- sisi masih sering dilakukan pemerintah. Tidak berpengaruh oleh renovasi Masjidil Haram besar- besaran. Bahkan ketika banyak Hotel pencakar langit tempat ini tidak tersentuh. Bahkan seolah tenggelam tersembunyi Jamaah Haji dan Umroh.

Tempat ini berisi buku- buku literatur menjadi bacaan Umat Islam. Menurut Sirah An- Nabawiyah dalam buku Haji dan Umroh bersama M. Quraish Shihab. Rumah tersebut diserahkan kepada Aqil ketika berhijrah ke Madinah.

Aqil merupakan putra dari paman Rasulullah sendiri, Abu Thalib. Lantas beralih kepemilikan kepada Muhammad bin Yusuf Atstsaqif. Rumah ini kemudian dibeli seseorang bernama Khizran. Quraish Shihab menuliskan bahwa rumah ini sempat akan dihancurkan karena takut disakralkan.

Namun akhirnya cuma terbengkalai tanpa perawatan siapapun. Konon sempat didirikan sebuah Masjid bernama Al Khazuran, ibu dari Khalifah Harun Al Rasyid. Kemudian dijadikan perpustakaan pada tahun 1370H hingga sekarang.

Tempat ini begitu kecil dibanding Gate King Abdullah di Mekkah. Bagian samping juga digunakan sebagai tempat penyimpanan barang tidak terpakai. Kalau anda melihat fotonya maka akan terlihat sepi, padahal disana terdapat banyak buku termasuk tentang Rasulullah sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *