Masjid Unik Al Jum’ah Madinah Kisah Perjalanan Nabi

masjid nabi muhammad sholat jumat

Nama Masjid unik Al Jum’ah Madinah memiliki sejarah tersendiri. Disini dikisahkan pernah disinggahi oleh Nabi Muhammad. Bersama para Sahabat bersinggah disini ketika perjalanan. Alkisah Rasulullah berhijrah ke Madinah, pada 12 Rabiul awal, tahun 1 Hijriyah yang singgah di Quba.

Disini bermalam hingga empat hari di daerah bernama Quba. Pada siang hari, berkebetulan hari Jum’at, Rasulullah dan para Sahabat akan bersholat. Posisi mereka masih berada dalam perjalanan jadi harus berhenti.

Di sebuah wilayah bernama Wadi Ranuna, Madinah, dilaksanakan Sholat Jum’at. Disini lahirlah wilayah yang kemudian bernama Jum’ah.

Masjid Al Jum’ah sudah direnovasi beberapa kali, yaitu pertama oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz, dan kedua renovasi oleh Khalifah Abbasiyah di tahun 155- 159 Hijriyah. Abad 9 Hijriyah, direnovasi kembali oleh Syamsudin Qawan pada masa Khalifah Utsmaniyah.

Renovasi berikutnya pada Sayyid Hasan Asy Syarbatli, dipertengahan abad ke 14 Hijriyah, Renovasi pada 1409 Hijriyah, oleh Kementrian Wakaf Arab Saudi, tahun 1412 Hijriyah dan semenjak itupula Masjid ini dibuka untuk umum.

Masjid Unik Al Jum’ah Tempat Wisata Islami

Tempat berada di wilayah Madinah, dipercayai sebagai tempat dimana Rasulullah dan para Sahabat beristirahat ketika berhijrah. Singgah ketika akan menuju daerah Quba hingga empat hari. Di hari Jum’at Rasulullah melakukan Sholat Jum’at tepat disini.

masjid sholat jumat madinah

Masjid ini awalnya dibangun dari pecahan bebatuan. Hingga sekarang masih menggunakan teknik sama. Wujudnya sudah berganti karena beberapa renovasi. Oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz, diperluas panjang 8 meter, tinggi 5,5 meter, lebar 4,5 meter, dan satu kubah.

Disini ada perpustakaan, asrama untuk Imam dan Muadzin, Madrasah dan para penghafal Al Quran. Disini ada Mushola wanita, tempat Wudhu, dan toilet.

Kapasitas sudah luas dan cukup untuk para Jamaah berkunjung. Tadinya hanya mampu menampung 70 orang, sekarang mampu menampung 650 Jamaah. Masjid ini memiliki menara tinggi dan megah, sebuah kubah besar tepat diatas tempat anda beribadah Sholat nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *