Persiapan Setelah Mendarat di Bandara Jeddah Madinah

travel apm berangkat haji

Apa yang dilakukan setelah mendarat di Bandara Jeddah. Apa persiapan setelah mendarat di bandara. Hal- hal dilakukan Jamaah Haji Umroh ketika sampai di Jeddah ataupun Madinah. Ketika anda mendarat bersama rombongan travel, pertama perhatikan apakah pesawat sudah benar berhenti.

Jangan sekali berpikir semua sudah dipersiapkan. Semua hal bisa terjadi apalagi anda tengah bertamu di negara lain. Disini anda tidak boleh ceroboh atau akan bermasalah.

Baik mendarat di bandara Jeddah, Madinah, atau bandara transit. Ada beberapa Jamaah Haji Umroh perlu lakukan. Pertama setiap penumpang mendarat harus mematuhi aturan bandara. Kita bertanggung jawab atas kewajiban dibebankan kita ketika berada di bandara.

Tidak semua orang di bandara seperti anda akan lakukan. Ingat tidak semua akan mengerjakan Haji atau Umroh. Namanya bandara merupakan pusat lalu- lalang kepentingan. Ini bisa sangat membingungkan walaupun sudah ada pemandu menemani anda dari travel APM.

Apalagi jika anda terkena jet lag karena perjalanan udara. Ingat perjalanan Haji Umroh menempuh 9 jam perjalanan. Begitu pesawat mendarat sempurna di bandara tujuan. Begitu sampai anda turun dari pesawat akan disambut pihak Kementrian Haji Kerajaan Saudi.

Persiapan Setelah Mendarat di Bandara

Perhatikan apakah anda benar- benar sudah mendarat. Petugas dari Kementrian akan menunjuk apa dilakukan. Rombongan Haji Umroh akan dituntun ke ruang tunggu bandara. Disini Jamaah Haji Umroh akan diperiksa dan mengecek kembali dokumen.

Dokumen keimigrasian akan diurus begitu anda mendarat. Kesabaran anda dibutuhkan ekstra untuk bagian ini. Banyak Jamaah mengharuskan anda menunggu antrian panjang. Banyak Jamaah siap menunggu berjam- jam untuk validasi dokumen.

Ingat anda jangan sampai terpisah dari rombongan travel APM. Proses pemeriksaan dokumen tidak jauh beda dari keberangkatan. Ada pengawasan, pemeriksaan paspor, visa sampai barang bawaan di bea cukai Arab Saudi.

Pihak keamanan Bandara Jeddah atau Madinah pasti sangat ketat. Mereka akan memeriksa dari fisik sampai bawaan terkecil. Informasi akan ditanyakan soal passport, visa, atau arrival card anda untuk Ibadah. Jangan ragu bertanya kepada pihak travel APM untuk kenyamanan anda.

Bertanya tentang apa anda tidak ketehaui dalam proses. Selesai pemeriksaan anda akan diarahkan ke ruang tunggu. Tenang karena ruang tunggu banyak fasilitas, lengkap, dan beraneka macam. Dari tempat Sholat hingga tempat wudhu atau toilet berada disini.

Anda bisa cuci muka menghilangkan penat karena menunggu. Menghilangkan rasa kantuk dengan belanja di pertokoan free duty. Anda juga bisa menukar uang rupiah ke riyal disini. Begitu bis rombongan tiba ada baiknya anda memeriksa kembali barang bawaan anda.

Passport dan visa akan dikumpulkan untuk kepentingan pemesanan bis. Termasuk konfirmasi pemesanan untuk hotel anda. Cek kembali barang bawaan di dalam tas ketika bis tiba. Pembimbing Haji Umroh adalah orang yang mengetahui seluk- beluk prosesi dan informasi anda.

Bawalah tas kecil, yang berisi barang detail seperti passport dan visa, yang biasanya berupa tas jinjing bersama anda. Sedangkan tas besar akan dibawakan oleh porter masuk ke bis. Passport digunakan untuk menghitung dan mengkonfirmasi jumlah penumpang, dan data penumpang.

Di gerbang kota Mekkah atau Madinah, akan ada cek point yang berguna mengecek passport dan jumlah penumpang bis di dalam.

Kalau anda mau ke toilet atau sekedar mencari udara; lapor kepada pembimbing dari pihak travel APM. Pokoknya setiap kegiatan diluar jadwal maka melapor kepada pihak travel. Janganlah malu bertanya kepada pihak pembimbing dari travel.

Jika anda sudah terbiasa melakukan perjalanan Ibadah. Janganlah menjadi sosok menjelek- jelekan pelayanan. Ingat bahwa anda sedang menjalankan Ibadah suci baik Haji maupun Umroh. Hindari kegiatan diluar dijadwalkan karena akan mengganggu perjalanan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *