Tips Wanita Muslimah Ibadah Haji Umroh Aman Nyaman

muslimah haji

Jika anda seorang wanita akan beribadah Haji Umroh. Ada baiknya anda mendengar kisah wanita Amerika ini. Dia seorang Muslim wanita bernama Salwa Muslimah. Menjalankan sebuah blog tentang perjalannya sebagai muslimah Amerika.

Disini kita akan mebahas mengenai ibadah Haji Salwa. Bagaimana dia beribadah di Masjidil Haram. Tentang tips Haji yang berdasarkan pengalaman pribadi. Pertama Salwa bercerita tentang panasanya Kota Mekkah.

Tidak dipungkiri hawa panas adalah pertama mendasar barang bawaan. Meskipun anda menyiram air ke muka ketika di Mekkah. Anda akan langsung merasakan panas dan kering. Tips Salwa ialah bawalah air sendiri ketika ibadah disana.

Salwa mengingat ibadah Hajinya ketika Ramadhan. Ia menghindari berkumur air. Tips dari Salwa adalah mengguyur kepala dengan air beberapa kali. Jika anda sudah tau barang bawaan apa di koper. Dia mengingatkan jangan memakai tas punggung.

Jadilah Muslimah Baik Pintar Menjaga Diri

Ada wanita asal Nigeria yang membawa tas cangking dan terkena masalah. Ketika lengah tiga orang pria menyambar tas tersebut dan pergi. Dia memabawa passport, uang, visa, dan dokumen lain didalam. Salwa menyarankan menggunakan tas pingga kecil.

Berangkatlah lebih awal untuk ibadah. Carilah tempat nyaman dan aman untuk Sunnah. Menurut cerita Salwa, dia pernah merasakan penyerangan fisik di Mekkah oleh wanita lain. Seorang Muslimah rentan jika beribadah sendirian bahkan sesama wanita.

Salwa memberi tips untuk tidak melawan, karena tujuan Haji adalah beribadah dan tengah menjalankan puasa. Mencari tempat berkumpulnya Muslimah tepat. Tetapi di Mekkah, berkumbul banyak Muslimah dari berbagai negara berbeda.

Jangan melanggar hukum tanah Haram, tidak boleh marah, berkelahi, berkata kasar, prilaku kasar, atau berniat licik.

Jalankan semua berdasarkan aturan Tanah Haram. Dan ketika ada Muslimah lain membutuhkan bantuan, maka anda membantu, dengan berprilaku sopan dan hargai orang yang anda bantu. Ingat Muslimah yang beribadah Haji datang dari berbagai negara.

Muslimah negara lain memiliki kultur sendiri. Terkadang kultur mereka bahwa berprilaku kasar boleh. Tips Salwa bahwa berpikir sebagai Muslim baik. Ingat bahwa mereka bukan diri anda. Jangan mengharapkan mereka berpendidikan layaknya anda.

Tips terpenting ialah menjadi Muslimah baik. Ikuti ajaran Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, perlakukan orang lain seperti layaknya Beliau terhadap orang lain. Salwa memilih fokus menyempurnakan ibadah Haji dibanding mengurusi Muslimah lain.

Jika anda beribadah lama di Masjidil Haram. Tips Salawa janganlah merasa terganggu dan mengganggu pegawai Masjidil Haram. Jika anda fokus beribadah jangan sampai lupa mereka. Mungkin anda sedang duduk di tempat yang menghadang kerja mereka.

Hindari Masalah Beribadah Bersama Muslimah Lain

Tips seorang Muslimah beribadah di bagian wanita. Ini akan menjaga anda dari hal tidak baik. Jika anda melakukan Thawaf bergabunglah dengan kelompok wanita. Jangan memilih ibadah didepan pria ketika di Masjidil Haram.

Salma pernah melihat bagaiman dua wanita beribadah, dibelakangnya dua pria memandangi. Ini bukan contoh Muslimah baik. Jagalah etika dan harga diri anda sebagai Muslim. Sosok Muslimah tidak menunjukan sujud dan rukuk ke depan pria.

Meskipun anda menutup aurat anda. Kemungkinan apapun bisa tidak anda sadari. Ingat tips utama adalah menjadi Muslimah baik. Dimana anda melindungi diri dari pandangan buruk pria.

Tips ketika anda pergi mengambil air zam- zam. Perhatikan tanda dimana Muslimah berdiri. Carilah tanda berupa gambar wanita di wadah zam- zam. Ini akan mempermudah anda dibanding membaca tulisan Arab atau Inggris.

Hormati Muslimah lain, meskipun mungkin anda mendapatkan perlakuan buruk. Jika seseorang mendorong anda, menudurlah dan menunggu tenang. Salwa mengalami sendiri bagaimana antriannya terserobot.

Tips lainnya jangan mengambil air zam- zam berlebihan. Ambil secukupnya dan ijinkan yang dibelakang maju. Kunci utama beribadah di Mekkah sebagai Muslimah. Jangan biarkan diri anda beribadah bersama pria.

Jagalah diri ketika bertemu Muslimah lain, baik dari negara tetangga atau berbeda benua. Tetap bersosial dengan bahasa Inggris atau bahasa isyarat. Menjadi Muslimah termasuk menjaga tali persaudaraan. Kita disatukan Agama yang sama maka bersaudara.

Jangan bergosip ketika bersosial dengan Muslimah lain. Tips lain, janganlah anda Wudhu di tempat pria, perhatikan tanda ketika berdiri di suatu tempat. Anda tidak boleh terlihat malamun diluar sana. Jangan sampai anda berkeliaran di Masjidil Haram tanpa tujuan.

Ketika anda selesai ibadah Haji. Tips dari Salwa mengenai barang bawaan ketika pulang. Anda hanya diperbolehkan membawa 5 liter zam- zam. Ketika anda menitipkan bawaan untuk diantar. Jangan marah dan kehilangan nilai Haji anda. KemungkinanĀ  kehilangan atau rusak barang mungkin terjadi.

Tips terakhir jika anda menstruasi disana. Anda tidak diperbolehkan Thawaf dan Sholat. Hal lain dapat anda lakukan selama ibadah. Jika anda pada masa ibadah Umroh akan lebih mudah. Anda cukup berada di dalam hotel. Atau paling menyenangkan anda bisa berbelanja langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *