Bagaimana Muslim Difable Melalukan Ibadah haji

tips ibadah haji kursi roda

Bagaimana penanganan muslim difable di Saudi Arabi. Mari menengok cerita tentang bagaimana ibadah Haji ketika lemah. Wajib melalukan Haji memang termasuk keadaan fisik. Muslim difable tidak memiliki kewajiban melaksanakan Haji.

Namun apakah mereka tidak ingin menyempurnakan agama. Mereka mungkin lebih bersemangat dibanding kita. Keingina menemui Allah membawa mereka. Keterbatasan fisik semakin hari tidak menjadi masalah. Aneka layanan bagi mereka sudah disediakan oleh pemerintah Saudi.

Makin banyak transportasi masal mendukung kita. Layanan seperti kursi rode juga tersedia. Pemerintah Saudi sendiri tidak membatasi. Secara spesifik tidak menaruh disabilitas menjadi alasan. Mereka masih bisa mendapatkan visa Haji maupun Umroh.

Bahkan beberapa travel agensi mempermudah. Memberikan layanan tambahan bagi Muslim disable. Tingkat pendampingan agensi bahkan bisa sangat tinggi. Hanya saja, pastikan layanan ekstra ini sudah termasuk biaya, kemudian layanan macam apa untuk muslim disable.

Pergi Haji Memakai Kursi Roda

Untuk mereka yang tidak sepenuhnya terbatas. Mungkin hanya susah berjalan tetapi masih bisa. Pihak travel agensi mungkin memberikan layanan bis tunggu. Termasuk memberikan layanan lift atau elevator di Saudi.

Layanan travel lain mungkin memberikan pendampingan. Dimana jamaah yang disable bisa diwakilkan ketika ibadah tertentu. Layanan lain termasuk menyediakan kursi roda sendiri. Pemerintah Saudi sendiri sudah menyediakan pos- pos kursi roda gratis.

Kuris roda juga disediakan oleh masyarakat Mekkah. Mereka mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan. Dengan selesainya Bandara Internasional Madinah memudahkan. Pasalnya penumpukan Jamaah di Bandara King Abdul Aziz, di Jeddah, akan berkurang drastis.

Bagi mereka yang disable, bisa datang lebih awal sebelum ibadah Haji dimulai. Mereka bisa datang ke Masjid Nabawi dulu. Mungkin juga mendatangi Masjid Quba, Masjid Qiblatin, Bukit Uhud,dll, ketika berada di Madinah.

Muslim Disable Menjalankan Haji

Ihram Muslim disable bisa dimulai Migat dari Madinah ke Mekkah. Akan lebih nyaman untuk tinggal di Hotel Madinah dulu. Bisa melakukan mandi Ihram sebelum menunaikan Haji. Distrik Aziziyah biasa dipilih karena memiliki akomodasi lebih bagi disable, karena memang lebih macet dan ramai.

Setelah sampai ke Aziziyah, pemberhentian untuk mengepak dilanjut tumpangan ke Masjidil Haram. Kita bisa melakukan Thawaf Qudum dari sini. Kemudian dilanjut melakukan Sai antara Safa dan Marwa. Di Masjidil Haram, baik kuris roda, jasa dorong, dan lift bisa mempermudah ibadah.

Ada layanan skuter listrik untuk sewa. Atau bisa memilih menggunakan kursi roda manual. Jika anda memilih membawa kursi roda lipat. Pastikan benda tersebut didekat dan memiliki identitas. Selanjutnya mungkin akan lebih berat karena menuju Mina.

Perjalanan tidak akan mendapatkan akomodasi. Di tenda tidak semua toilet ramah disable, baik di Mina, Arafa, ataupun Muzdalifa. Menurut berita organisasi yang membantu disable. Akan ada toilet lengkap nyaman buat muslim disable di Mina dan Arafat.

Bahkan ada layanan jasa penuh ketika sampai nanti. Bermalam di Arafa akan menjadi titik istirahat. Kemudian dilanjut ke Muzdalifa, Sholat Isa dan Maghrib digabung di Isha, dilanjut mengumpulkan batu dan bersiap melempar Jumroh sesampai di Mina.

Kegiatan melempar Jumroh bisa diwakilkan. Dulu tempatnya memang penuh sesak Jamaah yang mau melempar. Sekarang lebih aman, tempat lebih luas, dan disable akan lebih mudah. Selanjutnya akan dilanjut kembali ke Mekkah, melakukan Thawaf selamat tinggal.

Bagi Muslim disable melengkapi agama adalah anugrah. Meskipun tidak dibebani kewajiban bagi mereka. Bertatap langsung ke Ka’bah, seolah kita kembali ke Allah, selain disucikan dari dosa maka kita akan mendapatkan Jannah jika berhasil. Insha Allah.

2 thoughts on “Bagaimana Muslim Difable Melalukan Ibadah haji

  1. Rahmad Azly Balas

    Dear Admin

    Saya Admin Blog “Tempat kita berbagi ilmu”, menawarkan kerjasama dengan pemasangan iklan, Link, atau Review, dengan Tarif yang sangat terjangkau.
    Info lengkap:
    Pasang Iklan Murah

    Semoga kiranya anda berminat

    Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *