Jenis Visa Umum Kunjungan ke Saudi Berikut Keterangan

apm umroh visa

Apa saja jenis visa yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi. Mereka sepakat mengeluarkan dua jenis visa: visa umum dan visa spesifik. Mungkin anda pernah mendengar visa umroh atau bahkan punya visa umroh, inilah yang disebut visa khusus.

Secara umum visa dispesifikasi kembali secara khusus. Jadi jangan berharap anda akan mencari pekerjaan menggunakan visa  sembarangan.

Ketatnya rute masuk ke Saudi Arabia bukan tanpa alasan. Selain visa umum, adanya visa khusus guna memenuhi kebutuhan Umat Muslim dunia. Secara umum dan luas visa Saudi terdiri dari:

macam macam visa

Jenis visa Saudi Arabia, antara lain visa bisnis atau komersial, visa bebas atau official, visa Umroh dan Haji, visa pengantar, visa kerja tetap dan visa kerja sementara, visa tinggal dan visa kunjungan keluarga, bahkan ada visa khusus belajar.

Tidak bisa dipungkiri pemerintah membutuhkan itu, mengingat Arab Saudi merupakan tuan rumah penyelenggaraan Umroh dan Haji, sekaligus pemerintahan sah atas Kota Suci Umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

Sebagai catatan visa umum, tidak akan mendapatkan kelebihan menyangkup semua. Ada batasa lagi ketika anda mengajukan visa umum. Visa jenis ini dikelompokan menjadi tiga jenis. Kami akan menerangkan ketiganya nanti dibawah.

Jenis Visa umum tidak bisa dipakai untuk keluar masuk sembarangan. Umumnya, jika kamu punya ijin tinggal untuk bekerja ataupun alasan lain, anda dimungkinkan membuat visa pendukung agar tetap tinggal tanpa batas waktu.

Berikut ini penjelasan jenis visa umum diterapkan oleh Saudi Arabia:

Visa bisnis:

Dideligasikan oleh perusahaan atau organisasi anda bernaung, tempat anda sebagai agensi bisnis, juru keuangan, atau pekerjaan khusus lain, anda bisa menggunakan visa bisnis. Anda cukup butuh passport masih berlaku, pas foto dengan dasar putih, untuk mendapatkan visa bisnis

Visa pekerja:

Ingat punya visa bisnis tidak memberikan anda hak mencari pekerjaan. Harus ada alasan lebih spesifik ketika menggunakan visa bisnis. Jenis visa pekerja dikelaurkan juga oleh dua otoritas: Kementrian Bisnsi dan Kementrian Luar Negeri. Ada tes HIV, tes kesehatan menyeluruh oleh dokter, dibagi dalam 3 kopi dua untuk pemerintah.

Jika visa pekerja kamu habis, kamu bisa mendapatkan pendukung, disebut dokumen tinggal (Iqama). Tujuannya untuk menambah beberapa tahun lagi. Jika anda kehabisan kontrak kerja dan bingung apakah akan diperpanjang, pastikan memegang Iqama ini.

Visa turis:

Semua pengunjung ke Saudi butuh visa. Sedangkan visa turis terbatas kepada tempat dituju. Saudi memberikan syarat ID Internasional atau passport, juga pastikan tiket kedatangan anda tercatat, pastikan semua dokumen record terpenuhi.

Tambahan, untuk kaum Hawa, pastikan anda mengikuti pakaian yang berlaku. Wanita harus pergi berkunjung dengan suami atau saudara, memiliki tempat singgah jelas ketika berkunjung. Atau, jika tidak mengikuti hal ini anda dimungkinkan ditolak masuk.

Di beberapa negara, mengajukan visa bisa lebih merepotkan karena ada “visa pulang”, tetapi jika anda mau ber Umroh atau pergi Haji, cukup menggunakan visa Umroh atau Visa Haji. Pastikan bahwa biro travel anda memiliki pengetahuan tentang visa.

Lebih detail tentang visa umum ini:

Visa bisnis:

Berlaku paling tidak tiga bulan. Bisa saja satu visa untuk tiga bulan masuk satu kali, atau enam bulan untuk bolak- balik masuk. Hanya setiap kunjungan minimal tinggal satu bulan lebih jelasnya 30 hari saja -atau enam kali pakai. Ini disebut visa single entry atau visa multi- entry. Hanya untuk keperluan kunjungan bisnis, diskusi bisnis, dan pelatihan.

Visa kerja:

Berlaku sesuai kontrak kerja. Memberikan anda peluang menetap lama dan bekerja full time di Saudi. Butuh kejelasan dokumen kontrak, surat panggilan, dan butuh keterangan tentang kesehatan. Anda juga harus memiliki serifikat keahlian.

Beberapa jenis visa khusus meliputi kerja, wisata, Umroh dan Haji. Penjelasan lebih lanjut akan diterangkan di artikel lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *