Bendungan Muawiyah Kisah Enam Kalimat Tersembunyi

bendungan peninggalan muawiyah

Pada masanya Kota Taif bagian dari Arab Saudi dikenal indah. Salah satu peninggalannya bernama bendungan Muawiyah. Kawasan iniĀ  memangdikenal karena terdapat banyak peninggalan. Bukan hanya peninggalan lama tetapi peradaban kuno.

Ada kehidupan kuno di Taif, meninggalkan jejak berupa bangunan maupun artefak. Kita mengenalnya sebagai peninggalan urbanis. Khususnya dari peradaban Arabian Peninsula. Merupaka daerah tertua ditinggali peradaban manusia.

Disini bahkan ditinggali sebelum masa Islam atau pre- Islamic era. Ini menjadi warisan dari satu Khalifah ke penerusnya. Taif merupakan saksi zaman pemerintahan Ummayah, Abbasiah, dan Fatimah.Salah satu peninggalan kuno ialah bendungan lama.

Ada sekitar 70 buah bendungan berada di sepanjang sungai. Mereka dirikan bukan oleh satu peradaban saja loh.

Letaknya di sebuah desa atau perbatasan antara sungai. Dibuat oleh arsitektur handal, sangat berpengalaman dan kuat. Karena berbeda masa maka berbeda pula arsitekturnya. Teknikal bendungan juga berbeda satu dari yang lainnya.

Bendungan Muawiyah Misteri Tulisan Tangan

Pihak Saudi Press menyebutkan 70 bendungan berbeda. Sedangkan hanya 20 masih berfungsi dan utuh tidak termakan waktu. Bendungan- bendungan ini karya master dari para arsitektur terbaik. Pada zamannya mereka menggunakan berbeda sistem teknis.

Perbedaan artsitektur juga mencolok menjadi pembeda. Menggunakan teknik mesin berbeda setiap bendungan. Umur bendungan sudah tua dan berbeda cara membangunnya. Antara batu tersusun menggunakan cara berbeda.

Beberapa bendungan menggunakan fondasi menempel. Mereka menempel di batuan sekitar, yang kokoh dan tidak akan jebol. Ada tanda berupa tulisan tentang siapa pembuatnya. Menyimpulkan tentang tanggal kapan bendungan dibangun, termasuk siapa nama arsitekturnya.

Menunjukan bagaimana Arab Muslim berkembang. Pengetahuan tentang arsitektur dan teknik berkembang pesat. Juga menjadi petunjuk masyarakat Islam mana tinggal. Seperti bendungan Muawiyah menunjukan masa siapa.

Tulisan ini dibuat terukir dan masih dapat dibaca sampai sekarang dan mendatang. Salah satunya, bendungan Muawiyah salah satu yang terbaik bertahan melewati masa. Disebut juga Saisyad Dam, yang terletak di barat 12 kilo meter dari Kota Taif.

Dibangun membelah gunung, untuk menampung air yang mengalir dari atas gunung ke bawah. Agar menahan air untuk digunakan selepas hujan turun. Fondasi batunya masih terlihat dan terbaca; terdapat ukiran tulisan di sana.

Pembuatnya bernama Abdullah bin Sakr, berdiri ketika masa kepemimpinan Muawiyah bin Abu Sufyan, pada zaman Umayah. Dibangun tahun 58 Hijriyah, ditulis menggunakan bahasa Arab Magazi. Ditulis tanpa tanda baca atau titik, terdapat enam kalimat baris.

Enam baris kalimat ini begitu misteri kenapa disana. Selain tertulis nama pembuat ada tulisan lainnya. Yakni bertuliskan tentang Muawiyah dan dosa- dosanya.

  1. Bendungan ini milik Muawiyah, yang menyembah Allah
  2. Muawiyah adalah Khalifah Muslim dan bendungan dibangun oleh Abdullah bin Sakr
  3. Itu dibangun pada tahun 58, hanya dengan ijin Allah
  4. Semoga Allah mengampuni hambanya, Muawiyah
  5. Semoga Allah mengampuni dosanya, menolongnya dan mendapatkan Rahmat
  6. Untuk mereka yang percaya akan dia (Muawiyah). Ini ditulis oleh Amr ibn Habab

Sumber: Al Arabiya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *