Kiat Mewujudkan Niat Naik Haji Tanpa Keraguan

Bukti Umroh APM amanah

Setiap Umat Muslim pasti ingin datang ke Mekkah. Berikut kiat mewujudkan niat naik Haji. Cara agar tanpa keraguan menabung untuk naik Haji. Jangan menanggap sebagai cita- cita semata, tidak juga menganggap ini sebagai beban.

Naik Haji adalah perjalanan yang membutuhkan kemampuan. Menurut Islam mampu berarti secara fisik dan finansial. Niat saja tidak cukup tanpa dorongan pribadi. Berikut kiat mewujudkan niat naik Haji dan baiknya dilakukan semenjak anda masih muda.

Orang banyak dicemooh jika bermimpi tidak sesuai kemampuan. Padahal jaman sekarang sudah banyak cara. Ambil contoh mulai membuka tabungan Haji sebagai investasi. Ingat jangan cuma menaruh uang anda di tanah atau emas.

Ibadah Haji adalah investasi kedepan anda dimulai dari sedikit. Jangan berkecil hati jika merasa sudah terlambat secara umur. Ingat bahwa Allah memiliki banyak jalan mengabulkan Hajat. Buat anda yang sudah memiliki uang jangan terpikir sedikitpun menunda.

7 Kiat Mewujudkan Niat Naik Haji

Ibadah Haji memang dibatasi kuota hingga butuh waktu. Bahkan puluhan tahun harus dilewat seseorang agar bisa berhaji. Namun aneka kemudahan sudah diberikan oleh pihak travel. Beberapa memberikan layanan tabungan Haji, atau anda bisa menggunakan layanan dari Bank.

Beberapa Bank memberikan layanan tabungan Haji. Menjadi lebih mudah berniat Ibadah Haji sambil menabung. Berikut beberapa kiat mewujudkan niat ibadah Haji agar cepat dikabulkan.

1. Berdoa

Memohon kepada Allah agar menunaikan ibadah Haji. Jangan berdoa untuk spesifik dari mana sumbernya. Serahkan cara kepada Allah Ta’ala tenpa keraguan sedikitpun. Kenapa kiat pertama adalah berdoa kepada Allah. Karena manusia memiliki keterbatasan dari niat hingga kemampuan.

Anda banyak berdoa menguatkan niat anda menabung Haji. Selain berdoa tentang bagaimana membiayai ibadah tersebut. Anda juga berdoa agar fisik tetap sehat dan dimudahkan prosesnya. Ada etika ketika berdoa kepada Allah, randahkan diri anda dan jangan sombong akan sesuatu.

Dan Rabb mu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina’.” QS Al- Mu’min (40): 60

2. Perbanyak sedekah

Kenapa harus bersedekah padahal biaya Haji mahal. Justru ketika anda bersedekah Allah akan melihat niat anda. Doa akan lebih cepat dikabulkan jika didorong pengorbanan. Bersedekah juga terbukti membuka pintu rejeki.

Hanya Allah yang melapangkan rejeki dan menyempitkan itu. Tidak ada orang yang miskin karena bersedekah harta. Allah bahkan menjanjikan pengembalian atas sedekah kita. Melipat gandakan disini termasuk membukakan pintu berangkat ibadah Haji.

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki), dan kepadaNyalah kamu dikembalikan.” Al Baqarah (2): 245.

Jika anda menginginkan contoh nyata tentang sedekah. Cobalah mendengarkan kajian Ustad Yusuf Mansyur. Atau anda bisa membeli buku berjudul “Naik Haji Karena Sedekah” karyanya.

3. Rajin mengikuti ceramah

Jika anda mengikuti ceramah maka akan timbul niat. Jika sudah memiliki niatan maka akan semakin kuat. Ceramah juga bisa berbentuk kajian tematik tertentu. Beberapa Masjid atau organisasi menyelenggarakan kajian khusus.

Biasanya ketika akan memasuki waktu ibadah Haji. Anda akan menemukan kajian tematik yang membahas Haji. Anda bisa berdoa bersama sesama yang berniat berangkat. Atau anda bisa meminta doa khusus dari Ustad pembicara, agar tercapai tujuan dan niat menyempurnakan Agama.

Lebih baik lagi jika anda meminta doa calon Jamaah Haji. Mintalah didoakan ketika mereka sampai disana. Doa agar anda juga dipanggil Allah berkunjung ke Mekkah. Berdoa di Masjidil Haram dijamin dikabulkan Allah SWT.

4. Mendengar pengalaman Haji

Mereka yang sudah berstatus Haji memiliki banyak pengalaman. Dengar bagaimana mereka berjuang menjalankan rukun. Bayangkan anda tengah melakukan Haji ketika mendengar. Tetapi janganlah lupa bertanya tentang travel apa, pengurusan surat, tata cara haji, dan apa- apa yang harus dibawa.

Bagi mereka yang awam lebih mudah membayangkan dulu. Tetapi menyangkut hal- hal persiapan mungkin tidak mudah. Ketika anda mendengar mulailah mencari tau informasi. Jangan malu bertanya kepada pihak travel mengenai layanan mereka.

Kita bisa tau masalah apa yang mungkin terjadi. Membaca aneka artikel seperti disini, Insha Allah akan membantu anda membayangkan. Hanya jangan kebanyakan membayangkan tanpa melakukan usaha. Mulailah membuka tabungan Haji agar tidak sekedar angan- angan.

5. Ikutilah kegiatan Manasik Haji

Anda harus rajin membaca buku tentang Haji. Mulailah berpikir kritis bagaimana tata cara, rukun, dan syarat Haji. Jika tidak cukup maka cobalah mengikuti Manasik Haji. Setelah anda mendaftar biasanya akan ada kegiatan Manasik Haji terlebih dahulu.

Kegiatan tersebut sudah dilengkapi miniatur bangunan. Jadi anda bisa membayangkan nyata dan belajar tata caranya seolah langsung. Anda mungkin bisa melihat video atau foto tutorial biar semakin mantap. Setelah menguasai Manasik Haji, Insha Allah akan menjadi wujud keseriusan doa anda.

6. Membuka tabungan Haji

Seperti disampaikan diatas ada layanan tabungan Haji. Biayah berangkat disebut ONH atau Ongko Naik Haji. Cara paling logis adalah melalui membuka tabungan Haji. Membuka akun berarti sudah mendorong keseriusan anda.

Niat tanpa usaha tidak akan terlaksana cepat. Semakin banyak usaha anda lakukan semakin baik. Ingat menabung sembari memotivasi diri seperti poin diatas.

7. Tanamkan sugesti

Biasakan berpikir apapun bisa terlaksana ke depan. Buat sugesti pribadi bahwa siapapun bisa berangkat Ibadah Haji. Carilah artikel- artikel inspirasi tentang mereka yang kekurangan. Contoh mereka yang serba kekurangan tetapi mampu berangkat ke Mekkah.

Pola pikir adalah pengaruh terbesar tindakan kita. Percuma menabung Haji jika tidak yakin akan terkumpul. Jika sudah ada sugesti bagaimanapun pasti menabung. Walaupun kebutuhan banyak ada saja rejeki tambahan menabung.

Ketika logika meyakini bahwa tidak mungkin berangkat. Sugesti berupa cerita mereka yang pernah berhaji meskipun kekuarang, akan mendorong alam bawah sadar anda. Logika tidak akan pernah mampu mengukur besarnya Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *