Cara Menggunakan Handphone di Arab Saudi

menelphon di arab saudi

Sudah menjadi kemudahan kita untuk berkomunikasi. Tetapi adakah cara menggunakan handphone di Arab Saudi. Yang efektif sehingga kita dapat berkomunikasi dengan keluarga di tanah air. Dari Jamaah Haji dan Umroh yang datang ke sana, kebanyakan tidak menyadari pentingnya ini.

Kartu Perdana Baru di Arab Saudi

Mereka tidak tau bahwa kartu SIM perlu diatur. Cara menggunakan handphone di Arab Saudi berbeda. Apakah kita harus menggunakan kartu perdana baru ketika di Arab Saudi.

Untuk kartu perdana baru ketika di Arab Saudi, ternyata banyak vendor yang menawarkan kartu perdana baru di sana. Bahkan banyak penjual SIM baru itu ternyata orang Indonesia juga loh. Mereka dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Selatan, dan lain- lain, jadi jangan khawatir soal bahasa.

Penjual kartu SIM di Arab Saudi kebanyakan TKI. Mereka memberikan pelayanan lengkap. Dari pemasangan kartu ke handphone, sampai membantu anda mengecek pulsa. Anda juga bisa bertanya kepada pihak travel mengenaik kartu perdana baru.

Fungsinya agar anda tau apakah kita harus membeli baru. Kemudian tanyakan apakah sesama Jamaah travel. Yakni apakah mereka akan bertukar nomor sehingga bisa nyaman berkomunikasi.

Jika anda berangkat bersama keluarga atau pasangan. Maka bertukarlah antar suami istri atau keluarga. Itulah yang pertama anda harus lakukan ketika di sini. Jika telah selesai cobalah untuk menelephon orang yang di tanah air.

Beri tahu mereka ini nomor baru anda ketika Haji dan Umroh. Beda waktu antar negara Arab dan Indonsia adalah empat jam. Sebelum menelphon hitunglah dulu kira- kira waktu di tanah air. Tujuannya agar yang menerima telephon tepat kepada yang dituju.

Perbedaan Waktu Arab Saudi Indonesia

Jika anda menelphon pada pukul 5 pagi, maka keluarga anda di Indonesia akan menerima di pukul 9 pagi. Makanya janganlah menelphon ketika pukul 21 malam selepas rutinitas. Karena anda hanya akan membuat keluarga anda terbangun di pukul 1 pagi dini hari.

Jangan menerima telephon di kartu perdana Indonesia kita. Atau orang tersebut akan membayar mahal untuk menelephon. Gunakan kartu perdana hanya untuk menelphon dan bersms dari Arab Saudi. Jangan pula menggunakan perdana Indonesia karena biayanya mahal juga.

Biaya menggunakan perdana baru di Arab Saudi lebih murah. Gunakan handphone yang menggunakan dua kartu perdana. Gunakan satu kartu baru dan sisanya kartu utama anda dari Indonesia. Fungsinya jika terjadi sesuatu yang mungkin mendadak atau urgen.

Pentingya Handphone Ketika di Arab Saudi

Gunakan kartu perdana di Indonesia untuk data kontak. Usahakan itu benar- benar kartu utama yang anda pakai. Di dalamnya ada kontak keluarga atau nomor- nomor penting di Indonesia. Perlu diingat jika pulsa kartu Indonesia habis tidak bisa diisi di Arab Saudi. Kecuali anda meminta diisikan dari Indonesia oleh keluarga.

Fungsi komunikasi melalui handphone sangatlah vital. Apalagi semenjak ada smartphone; baik Android maupun iPhone. Fungsinya bisa untuk komunikasi suara bahkan visual melalui video call. Sebenarnya Mekkah dan Madinah melarang membawa handphone, tetapi jaman sekarang pasti setiap colokan listrik ada handphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *