Umroh Dulu Sebelum Berangkat Haji

umroh dulu baru haji

Sedikit banyak orang belum mantap berhaji. Beberapa memilih Umroh dulu sebelum berangkat Haji. Pertanyaanya apakah boleh berangkat Umroh dulu. Para Ulama sepakat bahwa hukum berumroh sebelum berangkat Haji ialah boleh atau sah.

Ulama sepakat berumroh dahulu, barulah berhaji walaupun masih dalam satu tahun boleh. Namun ada beberapa yang menjadi catatan. Terutama yang tertulis dalam Hadist berkaitan dengan ini.

Bahwasanya Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wa Sallam, melakukan Umroh terlebih dahulu sebelum berhaji. Hadist ini Sahih Imam Bukhari, dalam periwayatan Ibnu Umar.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan umrah sebelum haji.” (Shahih Bukhari, No. 1651)

Pertanyaan: Apakah Umroh Dahulu Sebelum Berangkat Haji Sah?

Dalam pembahasan lebih lanjut, di dalam Kitab Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, Juz 7, Hal. 170.

Ulama sekapat bahwa berangkat Umroh dahulu, lalu dilanjut berangkat Haji diperbolehkan. Baik Haji dilakukan pada tahun itu atau pada tahun lainnya. Diperbolehkan juga anda untuk berhaji dahulu, barulah melakukan Umroh selanjutnya.

Argumentasi para Ulama ialah Hadist mengenai Haji dan Umroh. Yakni seperti yang diriwayatkan Ibnu Umar, bahwasanya Rasulullah SAW melakukan Ibadah Umroh dahulu, barulah Beliau melaksanakan Haji yang pertama dan terakhirnya.

Hadist lain bahkan menyebutkan bahwa Rasulullah berumroh 3 kali. Seumur hidup Beliau melakukan 3 kali Umroh, yang mana satu lagi Umrohnya digabung dengan Haji atau jika tidak dihitung terpisah.

Menurut kisah yang disampaikan Malik bin Abdirrahman bin Harmalah Al Aslami Al Madani ash Shadduq. Beliau bercerita tentang seseorang yang bertanya kepada Sa’id bin Al Musayyab, “Apakah boleh saya berumroh sebelum berhaji?”

Sa’id menjawab, “boleh, Rasulullah Salallahu Alaihi Wa Sallam dahulu pernah berumroh tiga kali”. Yang mana Ibn Kadar mengatakan bahwa Hadist ini bersifat Muttashil atau bersambung dari datangnya jalur Sahih.

Para Ulama sepakat atas hal tersebut dan tidak ada perbedaan. Kesimpulan Umroh dahulu sebelum berangkat Haji hukumnya boleh. Walaupun dibalik tidak seperti Rasulullah laksanakan juga diperbolehkan berhaji dahulu, barulah berangkat Umroh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *