Salah Paham Tentang Masjid Nabawi dan Penjelasannya

kubah hijau masjid nabawi

Menarik mendengar cerita tentang masjid suci Umat Muslim. Tetapi tidak sedikit salah paham tentang Masjid Nabawi. Beberapa cerita yang disebarkan ternyata bukan fakta. Walaupun kesalah pahaman itu positif, ada baiknya diluruskan karena bisa menjadi kemusyrikan kelak.

Berikut beberapa salah paham tentang Masjid Nabawi. Bahkan ceritanya sangat terkenal sampai menyebar ke seluruh dunia.

Kubah Hijau Masjid Nabawi Tidak Selalu Hijau Dulunya

Warna hijau merupakan warna Islam. Tetapi taukah anda kubah ini tidak selalu hijau dulunya. Taukah anda fakta kubah Masjid Nabawi terbuat dari kayu. Warna asli dari kubah ini adalah cokelat karena terbuat dari kayu.

Warnya juga pernah putih layaknya kubah yang lain. Pernah pula berwarna keunguan atau kebiruan. Pada masa Sultan Ottoman, Abd Al Hameed, maka warnya dirubah hijau sejak 1253 H sampai sekarang.

Ada Kuburan Seseorang di Atas Kubah Masjid Nabawi

Dinarasikan oleh Syeh Al Zubaidi yang sangat terkenal: Dahulu kala ada seseorang yang berniat menghancurkan kubah Masjid Nabawi. Ketika orang itu tengah berdiri dan akan menghancurkannya; tiba- tiba petir menyambar orang itu!

Tubuhnya terbakar dan mati seketikan di atas kubah. Ketika orang- orang melihat mayatnya di atas. Mereka mencoba memindahkan mayatnya tersebut. Tetapi anehnya tidak ada satupun yang mampu. Mayat orang itu tidak mampu diangkat siapapun ke bawah.

Hingga seseorang di Madinah mendapatkan mimpi. Dia diperintahkan untuk mengubur mayat itu di atas. Orang itu naik ke atas, dan menguburnya di tempatnya itu.

Sayangnya itu bukanlah fakta, karena ternyata gundukan seperti makam itu, tidak lain adalah sebuah jendela. Percaya atau tidak jendela itu ditutup bahkan dikunci seperti rantai. Bentuknya yang mirip seperti gundukan secara kasat mata seolah seperti kuburan seseorang.

Kubah Masjid Nabawi Sudah Sejak Lama

Orang berpikir bahwa makan Rasulullah selalu ditutupi kubah. Faktanya kubah baru dibangun pada masa Al Naasir Hasan ibn Muhammad Qalaqoon di 678 H.

Kubahnya Terjaga dari Bahaya

Faktanya pernah suatu kejadian kebakaran pada 1477 AD. Pada saat itu kubahnya terbakar sampai rusak parah. Parahnya kebakaran sampai menerpa bagian dalam kubah, bahkan sampai ke luar makam dan landasan berbentuk pentagonal rusak.

Makan Rasulullah Tidak Pernah Didekorasi

Dulu pernah ada emas dan perak mengiasi makam. Tetapi itu diambil dan menjadi seperti sekarang. Bentuknya sederhana tanpa dekorasi perhiasan apapun. Makanya hanya sebuah batu kubus yang berdiameter 41 inci.

Sumber: Lifeinsaudiarabia.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *