Kereta Madinah ke Mekkah Permudah Jamaah Umroh

kereta api cepat saudi

Adanya stasiun kereta baru mempermudah Jamaah. Kereta Madinah ke Mekkah permudah Jamaah Umroh. Dari halaman Arab News mengutarakan stasiun baru ini diharapkan mempermudah. Pasalnya kereta berkecepatan tinggi, akan mengefisiensi perjalanan Jamaah dari bandara ke Madinah atau Mekkah.

Menurut Menteri Transportasi Saudi Arabia, Jabara Al Seraisry, menjelaskan stasiun keretan ini berada di dekat bandara. Atau stasiun kereta bandara Pangeran Muhammad, yang melayani keberangkatan pulang- pergi dari Madinah ke Mekkah.

“Haramain High Speed Rail Project yang menghubungkan kereta Mekkah dan Madinah.”

Jika sesuai perencanaan maka 2017 merupakan awal peluncuran. Jalur kereta yang sepanjang 480 kilometer. Kereta yang berkecapatan 360 km/ jam, yang juga melewati Kota Pelabuhan Jeddah. Termasuk melewati stasiun di Bandara King Abdulaziz.

Kereta Cepat Madinah Mekkah untuk Umroh

Proyek yang dimulai dengan pembangunan stasiun kereta api ini. Proyek kereta Madinah ke Mekkah permudah Jamaah Umroh dan Haji. Konsepnya menggunakan tenaga listrik, termasuk melewati dua stasiun kereta biasa di Jeddah. Salah satunya stasiun kereta api di Jeddah yang berada di Bandara King Abdul Aziz.

Jadi total akan ada stasiun, yakni satu stasiun kereta khusus ini, dan empat stasiun biasa yang ada di tiga kota. Selain keretanya cepat disini juga sudah dipisah antara umum dan Jamaah. Tempat yang mampu menampung hingga 600 Jamaah. Fasilitas tambahan satu helipad, 10 peron, ruang VIP dan parkir yang luas sampai 500 orang.

Mampu melayani hingga 3 juta Jamaah untuk keperluan per- tahun. Untuk jumlah Jamaah yang menggunakan jalur darat sendiri, pada 2005 saja sudah mencapai 5 juta. Diharapkan melalui ini mampu memberikan pelayanan terbaik. Walaupun mengeluarkan investasi besar, Pemerintah Saudi berharap akan memberikan kepuasan.

Arab Saudi sendiri memiliki 1.200 km jalur kereta api. Proyek rel yang sudah dihasilkan lebih dari 7000 km. Kereta api yang merupakan buatan Spanyol, yang mana perangkaian sampai 13 gerbong. Biaya dikenakan sekitar 80 riyal atau Rp.80 ribu dari Jeddah ke Mekkah. Dari Mekkah ke Madinah senilai 100 riyal atau 440 ribu.

Apakah anda sudah mencoba kereta api ini?

Sumber: Arab News Arikel 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *