Muadzin Masjidil Haram Paling Terkenal Syeh Ali Ahmed Mulla

muadzin masjidil haram

Mungkin anda tidak pernah mengenal siapakah dia. Muadzin Masjidil Haram paling terkenal Syeh Ali Ahmed Mulla. Bagi Umat Muslim suara Adza merupakan suara paling merdu di dunia. Selain di dalamanya terkandung panggilan melaksanakan Sholat. Di sana juga terkandung doa kepada semua kita Umat Muslim seluruh dunia.

Terdengar suara yang lembut ketika jika anda terbiasa mengikuti live Arab Saudi. Para Muadzin di Baitullah, memiliki suara yang sangat merdu, mereka tidak hanya memanggil Sholat tetapi juga anda untuk datang ke sana. Salah satunya Muadzin Masjidil Haram paling terkenal, ialah Syeh Ali Ahmed Mulla, dan berikut biografi singkatnya.

Biografi Syeh Ali Ahmed Mulla

Biografi Syeh Ali Ahmed Mulla kelahiran Mekkah, 5 Juli 1945, yang memiliki ayah bernama Abdul Rahman Mulla, yang juga Muadzin terkenal di Saudi. Banyak sudah Muadzin yang turun temurun menjaga Masjidil Haram. Salah satunya ayah dari Beliau, yang kemudian mengajak Syeh Ali Ahmed untuk ikut ke Baitullah.

Sejak dini sudah diperkenalkan dengan lingkungan Ka’bah. Diumurnya 14 tahun Beliau sudah mendapatkan kesempatan. Beliau menjadi Muadzin di usia yang sangat belia. Selama 35 tahun menjadi penjaga Baitullah, Beliau diakui memiliki suara yang merdu dan menghanyutkan.

Satu wawancara singkat langka Beliau bercerita pengalaman. Cerita awalnya Syeh Ali Ahmed Mulla mengumandangkan Adzan. Pada masa itu teknologi belum besar seperti sekarang. Adzan sendiri dikumandangkan dari tujuh orang yang berdiri di tujuh menara Masjidil Haram. Suara Adzan juga harus memiliki singkronisasi tidak sembarangan.

Dimulai dari Adzan dari Al Shafie Maqam, yang di dekat sumur zam- zam dan diikuti. Bilal atau Muadzin di Al Shafie Maqam adalah yang mengawali, dan diulang oleh yang lainnya. Tradisi seperti ini dimulai ketika kepemimpinan Ottoman.

“Sejak usia 14 tahun, saya menaiki menara untuk Adzan, dahulu jumlahnya 7 yang menaiki tujuh menara Masjidil Haram. Dahulu masjidil haram memiliki 24 orang Bilal yang bertugas di Masjidil Haram dan menambah 6 orang Muadzin apabila musim Ramadhan tiba” jelasnya kepada pewarta.

Biografi Syeh Ali Ahmed Mulla, lulusan Institut Pendidikan Teknik dari Riyadh Saudi tahun 1970. Beliau pernah menjadi guru menengah Abdullah bin Zubair. Tahun yang sama Beliau menjedi petugas resmi di Masjidil Haram. Pernah juga dulu, Beliau mendapatkan kehormatan untuk Adzan di Masjid Nabawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *