Cara Foto di Tanah Suci Mekkah Ketika Haji

selfi di ka'bah

Berikut tips cara foto di tanah suci Mekkah ketika Haji. Tentu anda pasti akan membawa smartphone anda. Ini lebih mudah dibanding membawa kameran poket. Selain untuk mengabadikan momen di Ka’abah, smartphone fungsi utamanya ialah komunikasi.

Namun parlu kamu ketehui bahwa ada larangan tertentu. Beberapa aturan mulai diperkatat dalam hal berfoto. Yang pertama bahwa tidak boleh berfoto di area kantor pemerintahan. Walaupun cuma didepan gedungnya saja tak boleh.

Kawasan ini disebut daerah privat tanpa dokumentasi. Pengetahuan ini sangat standar ya. Jika ada warga Arab Saudi yang memergoki anda. Maka jangan disalahkan jika dilaporkannya. Berfoto di kawasan Thawaf dilarang dan bisa- bisa diambil petugas.

Alasanya karena itu akan mengganggu kenyamanan Jamaah lain. Untuk kamera besar lebih susah aturannya. Bahkan di kawasan Masjidil Haram dilarang berfoto. Untuk kamera smartphone diperbolehkan, maka anda bisa ambil momen seumur hidup anda.

Aturan Selfi di Masjidil Haram

Taukah anda bahwa membawa hp di Ka’bah boleh. Tetapi aturan ini tidak berlalu untuk kamera. Karena hp sudah masuk ranah sangat priadi dari Jamaah. Jangan memfoto petugas Haji atau Umroh sembarangan ya, jangan asal “cekrek”!

Walaupun mungkin anda menemukan petugasnya sangat rupawan. Kalau hal ini anda bisa dibawa ke jalur hukum. Karena sudah bisa dianggap melanggar privasi dan perbuatan tidak menyenangkan. Pahami dulu mana yang boleh dan tidak boleh.

Adalah hal wajar jika kita mengabadikan kejadian tertentu. Namun apabila tujuannya untuk pamer dirasa tidak perlu. Oleh karena kebutuhan inilah, pihak Saudi memberikan ruang yang diperbolehkan. Ingat petugas tidak segan menindak anda!

Banyak tempat dan momen dapat diabadikan selama Haji atau Umroh. Untuk itu baiknya anda memiliki cukup memori. Baiknya hapus aplikasi yang dirasa tidak penting dulu. Bawalah memori cadangan untuk keperluan foto. Inilah cara foto di tanah suci Mekkah ketika Haji.

Usahakan persiapan dahulu sebelum berfoto ria. Apakah ada memori card di Ara Saudi. Ada tetapi harganya terlalu mahal dibanding di Indonesia. Bawalah tas gantung kecil untuk menyimpan MC. Untuk masalah baterai tenang bisa diamankan.

Di pemodokan terdapat colokan yang mencukupi. Bawalah colokan Leter T atau Kaki Tiga. Pasalnya pasti Jamaah akan mengecas hp nya bersamaan. Waktu yang dipakai untuk mencarge hp juga lama. Setiap orang rata- rata memakai 1- 3 jam per- hari.

Dengan segala aturan yang ketat mengenai foto. Baiknya anda selalu berpegang bahwa ini Ibadah. Inilah cara foto di tanah suci Mekkah ketika Haji. Dengan segala kekurangannya, anda baiknya menahan diri untuk tidak menjadi pamer tentang Ibadah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *