6 Mukjizat Nabi Musa Anda Perlu Tau

6 mukjizat nabi musa

Setiap Nabi dan Rosul diberikan kelebihan oleh Allah SWT. Sekarang kita akan membahas 6 Mukjizat Nabi Musa. Sebelum membahasnya apa pengertian Mukjizat menurut bahasa. Mukjizat berarti suatu kelebihan yang luar biasa, yang diberikan Allah sebagai bukti.

Fungsinya meyakinkan kebenaran Allah SWT sebagai tuhan. Jika membahas 6 Mukjizat Nabi Musa, maka hubungannya dengan orang Bani Israil. Tujuannya untuk mengajak Bani Israil menyembah Allah dan berhenti melalukan dosa- dosa.

Pengertian Mukjizat

Setiap pristiwa pembuktian itu terjadi selalu ada alasan. Hingga Nabi Musa nanti mampu mengembalikan keimanan Bani Israil. Mereka yang tersesat akan beriman, sementara yang telah beriman akan mendapatkan rasa mantab.

Dalam Al Quran dijelaskan fungsi kelebihan ini untuk mereka. Allah SWT menunjukan kelebihan ini untuk pelajaran. Menunjukan sesuatu yang tidak bisa disamai siapapun. Allah memberikan 6 Mukjizat Nabi Musa untuk fakta dan bukti (Al Quran 2: 92).

Ingat ketika Beliau menghadapi Raja Firaun yang kejam. Berikut daftarnya apa yang Beliau bisa lakukan:

1. Tongkat Nabi Musa menjadi ular

Nabi Musa selalu membawa tongkat kemanapun pergi. Ketika Beliau tiba dan mengajak Firaun menyembah Allah; maka sang Firaun menantang Beliau. Dia meminta bukti kepada Beliau di tempat. Nabi Musa pun setuju dan menerima tantangannya.

Untuk tantangan ini Firaun mengundang semua penyihir. Mereka yang sakti dari penjuru negeri dibawanya. Mereka lalu melemparkan tali- tali yang jadi sekumpulan ular, mereka nampak seperti ular namun faktanya hanya tali saja.

Dengan tengang hati Nabi Allah ini melawan dengan bukti. Dari tongkatnya berubahlah menjadi ular yang besar. Tongkat ini benar- benar ular yang lalu memangsa ular tali tersebut (Al Quran 27:10).

2. Tangan yang Bercahaya

Taukah anda ketika Beliau mengajak Umatnya berkumpul. Dari tangan kanannya yang tertutup jubah, yang ditaruh di atas dada akan mengeluarkan cahaya kuat. Ini digunakan untuk menguatkan panggilan Beliau atas nama Allah SWT (Al Quran 27: 12).

3. Membelah Laut Merah

Ketika Beliau mengarahkan Bani Israil lepas dari kejaran pasukan Firaun. Nampak Laut Merah yang tak mungkin disebrangi. Tiada perahu apalagi pasukan itu mengejar mereka dengan kuda. Allah memerintahkan Nabi Musa untuk melempar tongkatnya.

Dari tongkatnya yang menancap terjadilah sesuatu. Lautan itu mulai terbelah diantara tongkatnya yang ajaib itu. Ketika pasukan Firaun hendak melawati, maka tertutuplah lauatan itu.

4. Makanan dari Surga

Masyarakat Bani Israil diberkahi dengan makanan yang hebat. Yang mana berasal dari surga untuk khusus Umat ini. Taukah anda apa makanan yang kita sebut Mann-O-Salwa ini?

5. 12 Sumber Air

Ketika masyrakat Bani Israil membutuhkan air yang banyak. Karena mereka harus tinggal di Gurun Tin. Maka Allah melalui Nabi Musa, dipukulah sebuah batu yang kemudian memancarkan air. Di gurun ini munculah air mancur sampai dua belas arah.

Kedua belas air mancur mata air ini khusus. Diciptakan Allah untuk Bani Israil yang memiliki 12 suku. Nikmat mana yang bisa didustai kepada Bani Israil dari Yang Maha Kuasa.

6. Misteri Pembunuhan

Seorang anak membunuh paman kekasihnya dan membuangnya. Ditaruhnya mayatnya di depan rumah tetangganya. Orang- orang yang melihat itu lantas menuduh sang tetangga. Inilah misteri yang kemudian dipecahkan oleh Nabi Musa.

Berkat bantuan Allah SWT, diperintahkan lah untuk menyembelih sapi. Lalu bagian tubuhnya dipukulkan ke mayat itu. Dengan ijin Allah tiba- tiba pria itu terbangun, hidup, dan menunjuk siapa pembunuh sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *