Sejarah Bismillah dan Apa Manfaat Mengucapkan Bismillah

sejarah bismillah

Bacaan Bismillah atau Bismillahirrahmanirrahim memiliki sejarah. Inilah sejarah Bismillah serta apa menafaat mengucapkan. Pertama taukah anda kalimat ini dirujuk dari Al Quran. Sumbernya dari Surah An Naml (27) yang merujuk kepada Nabi Sulaiman AS.

Kenapa kita harus membaca Basmalah? Dari Hadist Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam: Bahwa setiap kita melakukan sesuatu hendaknya mengucap dengan nama Allah. Ini sesuai dengan Hadist yang merujuk yaitu dibawah ini.

Dari Aisyah RA, ia berkata: “Nabi makan bersama enam sahabatnya. Kemudian ada seorang Badui datang dan ikut makan (dengan) dua suapan. (Maka) Rasulullah bersabda: ‘Seandainya ia mengucapan Bismillah, maka akan menjadi cukup bagi kalian’.” (Sahih Al-Albani)

Apa sih fungsi Basmalah seperti halnya yang ditulis di atas. Ini merupakan Adab seorang Muslim yang beriman. Bahwa mengucapkan nama Allah sebelum makan, dan melakukan segala sesuatu adalah ucapan Syukur dan perlindungan.

Manfaat Membaca Bismillah Ketika Melakukan Sesuatu

Merujuk kembali kepada Hadist dikatakan bahwa iblis hadir. Barang siapa manusia yang tidak membaca ini akan didatangi. Ia akan senang karena itulah dari apa mereka makan. Sesuai dengan Hadist berikut ini mengenai rasa Syukur.

Nabi Muhammad bersabda kembali mengenai makan dan minum. Allah memberikan rezeki bagi manusia, dan mengucapkan nama Nya merupakan syukur. Jika manusia tidak bersyukur maka iblis (setan) akan mengambil untung darinya.

Rasulullah Sallallahu ‘Alihi Wasallam bersabda:

Iblis berkata kepada Allah: “Setiap makhluk-Mu telah Engkau terangkan rizkinya. Mana rizkiku?” Kemudian Dia menjawab: “Pada makanan yang tidak disebut nama-Ku padanya”. (Kitab Ash- Shahihah, 708).

Jadi apa manfaat mengucapkan kalimat Tasmiyah. Tentu selain wujud Syukur juga bentuk perlawanan terhadap iblis (setan). Maka hendaklah Umat Muslim mengucap nama Allah setiap kegiatan. Ini sesuai dengan pendapat seluruh Ulama.

Sejarah Bismillah Siapa yang Pertama Kali Menulis Kalimat Bismillah

Kalimat Tasmiyah merujuk kepada Surah An Naml bahwa ini. Yang mana merupakan surat dari Nabi Sulaiman untuk Ratu Bilqis. Di Surah ke 27 inilah kalimat Basmalah menjadi bagian dari Surah. Sementara Basmalah pada Surah lain buat bagian Ayat.

Surah Al Naml seperti namanya yang berarti semut. Bercerita mengenai Nabi Sulaiman dan kisah para semut. Ceritanya menyambung hingga ke Ratu Bilqis yang menyembah matahari. Nabi lalu mengirimkan surat permohonan kepada Ratu Bilqis.

Kalimat ini ditulis pada setiap sebelum Surah Al Quran. Kecuali pada Surah At Taubah. Rasulullah sendiri menggunakan kalimat ini untuk setiap kegiatan. Ini dibuktikan dengan manuskrip di Istanbul, Turki. Yaitu Surat kepada pemimpin kristen di Mesir.

Bismillahirrahmanirrahim memiliki arti “dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang”. Ditulis sebagai pembuka untuk berbagai keperluan tertulis. Rasulullah SAW beberapa kali meminta Sahabat untuk menuliskan atas nama Beliau.

Dari Al Quran yang pertama kali ditulis dan dibukukan. Oleh Khalifah Ustman bin Affan, di setiap Surah di Al Quran kecuali Surah At Taubah dituliskan Bismillah. Jika anda ke Turki bersama travelapm.co.id, maka datanglah ke Musium Topkapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *